Dampak Teknologi Imersif Pada Strategi Pengajaran: Mengintegrasikan Virtual Reality Dan Augmented Reality Ke Dalam Kurikulum Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.47178/kqjhzs09Keywords:
Teknologi Imersif; Virtual Reality (VR); Augmented Reality (AR); Strategi Pengajaran; Kurikulum PendidikanAbstract
Penelitian ini membahas dampak penerapan teknologi imersif, khususnya Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), dalam strategi pengajaran pada kurikulum pendidikan. Fokus utama penelitian adalah untuk mengeksplorasi bagaimana kedua teknologi ini dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep abstrak, motivasi, dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan studi kasus di SKM Kristen Pelangi Makale, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan VR dan AR memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran secara lebih interaktif dan visual, sehingga mempercepat pemahaman mereka terhadap topik yang sulit, seperti Geografi dan Sains. Penerapan teknologi ini juga mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21, termasuk kolaborasi, problem-solving, dan kreativitas. Meskipun ada tantangan dalam hal kesiapan teknis guru, pelatihan dan dukungan yang diberikan oleh pihak sekolah berhasil mengatasi hambatan tersebut. Secara keseluruhan, penerapan VR dan AR dalam kurikulum pendidikan tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih inklusif, menyenangkan, dan relevan dengan perkembangan teknologi masa kini. Penelitian ini memberikan gambaran tentang potensi besar teknologi imersif dalam membentuk masa depan pendidikan yang lebih adaptif dan inovatif.
References
Basith, A., & Al-Bari, M. (2022). Implementasi Microlearning dalam Pendidikan Tinggi: Tinjauan dan Efektivitas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 115-127.
Corbeil, J. R., Khan, B. H., & Corbeil, M. E. (Eds.). (2021). Microlearning in the Digital Age: The Design and Delivery of Learning in Snippets. Routledge.
Halbach, A., & Sholheim, T. (2018). Microlearning and Modern Educational Techniques: A Study on Student Engagement. International Journal of Educational Technology, 12(1), 33-45.
Iriaji, B., Kurniawan, D., & Ratmawati, S. (2024). Penerapan Microlearning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(1), 45-56.
Olivier, J. (2021). Creating Microlearning Objects within Self-Directed Multimodal Learrning Contexts. In Microlearning in the Digital Age. Routledge, 169-188.
Ratmawati, S., Jati, A., & Priatna, H. (2024). Keefektifan Microlearning dalam Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(3), 201-215.
Sirwan Muhammed, G., Wakil , K. & Srwan Nawroly, S. (2018). The Effectiveness of Microlearning to Improve Students’ Learning Ability, International journal of Educational Research Review, 3(3), 32-38. DOI:
Sun, K., Song, H., & Liu, H. (2015). Effects of Microlearning on Academic Performance and Student Engagement: A Meta-Analysis. Computers in Human Behavior, 54, 182-191.
Sampelolo. (2024). Effectiveness Of Using Information Technology In Learning Case Study Of Interactive Learning System In Class A. Klasikal: Journal of Education, Lauguage Teaching and Science, 6(2).
Handy, Z. N., Usman, F., Hasni., M., & Pertiwi, A. (2022). Monograf Konsep Pengembangan Multimedia Pembelajaran Komputer Grafis. 9–25.
Hasni. S. (2023). Analysis Performance System Learning Based On Games For Students Of Educational. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 5(3), 639–644.
H., N., Febriati, F., & Ervianti, E. . (2021). The Impact of Computer-based Test and Students’ Ability in Computer Self - Efficacy on Mathematics Learning Outcomes. Journal of Education Technology, 5(4). https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.34942
Arismunandar, A., Wahed, A., Ervianti, E., & H, N. (2023). A Transformational Leadership Of Private High School Principals In Makassar City. International Journal of Education, 16(2), 123–134.