Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2336Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Kooperatif Tipe Jigsaw, Relasi dan FungsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Relasi dan Fungsi di kelas VIII-1 SMP Swasta Sriwijaya Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing masing dengan 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Sriwijaya Medan yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi guru dan siswa, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang diberikan pada siklus I secara klasikal diperoleh, siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dari 31 siswa (48,39%) dengan nilai rata-rata 58,44. Pada siklus II, siswa yang tuntas meningkat menjadi 27 siswa dari 31 siswa (87,10%) dengan rata-rata 76,45 dan telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal karena 85% dari jumlah siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis pada kategori sedang yaitu minimal nilai ? 65. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Sriwijaya Medan.
References
Amin, M., Nur, Fitriani., Mardhiah, Damayanti, Eka., & Suharti. (2020). The Influence of Jigsaw -type Cooperative Learning Model on Student?s Mathematics Learning Outcomes and Motivation. Jurnal Matematika, 3(3), 235-246.
Aminah, Siti., Wijaya, Tommy Tanu., & Yuspriati, Devi. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 12-22.
Ansari. (2018). Komunikasi Matematis. Banda Aceh: Penerbit Pena.
Dwiyogo, Wasis D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Fadliansyah, Fauzi., Junaedi, Iwan., & Sutarto, Joko. (2020). Student?s Mathematical Communication Skills in Jigsaw with Noe Snake and Ladder Game Based on Self-concept. Jurnal of Primary Education, 9(2), 112-120.
Gustiana, Mahmud., Septian, Ari., & Wulandari, Dwi Arita. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1), 47-55.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PTRemaja Rosdakarya.
Lestari, D. H. E., & Aminudin, R. (2023). Implementation of Quizizz Application in Introduction to Curriculum Course Measuring Learning Outcomes. JOURNAL OF SOSIAL SCIENCE AND EDUCATIONAL REVIEW, 1(1), 72-81.
Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.
Sari, Siti Maryam., & Pujiastuti, Heni. (2020). Analisis Kemampua Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Concept. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 71-77.
Rahmalia, Rianti., Hajidin., & Ansari, BI. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Numeracy. 7(1), 137-149.
Sanjaya, Wina. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Saputra, Hangga Ari., Angkotasan, Nurma., & Bani, Asmar. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 23-33.
Sandy, F., Liling, D., & Pratama, M. P. (2023). IMPELENTASI PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN DALAM PENDIDIKAN TINGGI. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(3), 111-117.
Sari, Suci Ratna., & Fitriaini, Depi. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Journal of Research in Mathematics Learning, 1(1), 182-188.
Setyanto, N Ardi. (2017). Interaksi dan Komunikasi Efektif Belajar Mengajar.Yogyakarta: DIVA Press.