Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • I Ketut Linggih Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Sonny Yalti Duma Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Relal Lambu’ Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2335

Keywords:

kooperatif tipe Round Robin, hasil belajar matematika

Abstract

Adanya proses pembelajaran matematika yang belum sesuai dengan standar proses menjadi dasar pemilihan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe round robin terhadap hasil belajar matematika bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tondon. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desaian penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk post-test. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster sampling dan diperoleh kelas VIIICyang terdiri dari 22 siswa sebagai kelas eksperimen  dan kelas VIIIB yang terdiri dari 22 siswa sebagai kelas control. Instrument  penelitian yang diguakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Uji normalitas ,uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan sampel t-test. Keseluruhan uji menggunakan SPSS dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe round robin berpengaruh pada hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Tondon. Dengan nilai t= 5,961 dan nilai signifikansi 0,000.                           

References

Rizqi, Aghni. A. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 9 Salatiga” 2, No. 1 (2018).

Sumiati. “Pengaruh Pembelajran Kooperatif Teknik Round Robin Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 4 Tapung Kabupaten Kampar,” Januari 2013

Zulfiyah.A. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Dengan Pendekatan Open -Ended Problem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iva Di Mi Miftahulhuda Malang,” 2019.

Downloads

Published

2023-12-20