Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Muda Sakti Raja Sihite Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2333

Keywords:

Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Berfikir Kritis siswa

Abstract

Kemampuan yang  harus dimiliki oleh setiap siswa dalam setiap proses pembelajaran matematis adalah kemampuan berpikir kritis .  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang meneliti tentang pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang dilakukan di SMA Swasta Sriwijaya Medan dengan sampel kelas XII IPA sebanyak dua kelas diambil secara acak (random). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis siswa untuk mengetahui kemampuan kritis matematik siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kritis matematik, yang memperoleh pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) terjadi peningkatan yang lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning)  efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik siswa dan aktivitas aktif siswa.

References

Amir, Mohammad Faizal. (2015) Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar, peningkatan kualitas peserta didik melalui implementasi pembelajaran abad 21. 34-42.

Baron, J.B. dan Sternberg, R.J. (1987). Teaching thinking skill. New York: W.H. Freeman Company.

Choy, S. C., & Cheah, P. K. (2009). Teacher perception of critical thinking among students and its influence on high er education. International journal of teaching and learning in higher education, 20(2), 198 —206.

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

Retrieved from http://www.isetl.org/ijtlhe/pdf/IJTLHE336.pdf

Ennis, R.H (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities. Last Revised. Emeritus Proffessor: University of Illinois

Facione, P. A.(2011) Critical Thinking: What It Is and Why It Counts . Millbrae: Measured Reasons and The California Academic Press

Komalasari, Kokom. 2010 Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama

Mayadiana, D. (2005). Pembelajaran dengan Pendekatan Diskursif untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru SD. Tesis pada PPs Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan

Pangaribuan, Lena Rosdiana, dkk. 2018. “Pengaruh Bahan Ajar Yang Dirancang Dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa UHN”. Jurnal Suluh Pendidikan. Volume-5, Edisi-1 : Hal 55-64

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Rochaminah, S (2008). Pengaruh Pembelajaran Penemuan terhadap Kemampuan Berfikir Kristis Matematis. Desertasi pada PPs UPI tidak dipublikasikan.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sandy, F., Liling, D., & Pratama, M. P. (2023). IMPELENTASI PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN DALAM PENDIDIKAN TINGGI. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(3), 111-117.

Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran .Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group, Jakarta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik.:

Jakarta: Prestasi Pustaka

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara.

Werang, Basilius Redan. 2015. Pendekatan Kuantitatif Dalam Penelitian Sosial. Yogyakarta: Calpulis.

Downloads

Published

2023-12-20