Etnomatematika: Eksplorasi Unsur Geometri Pada Batik Jombangan
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2332Keywords:
batik jombangan, etnomatematika, geometriAbstract
Etnomatematika dapat menjadi solusi bagi siswa yang kesulitan memahami konsep geometri dan transformasi geometri. Salah satu objek etnomatematika yang ada di daerah Kabupaten jombang adalah batik Jombangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur geometri pada batik Jombangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode pendekatan etnografi dan eksplorasi. Dalam penelitian ini objek batik yang digunakan adalah 3 batik Jombangan koleksi pengrajin batik “New Colet” yang ada di desa Jatipelem, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Peneliti menggali informasi pada salah seorang informan yang bekerja di pengrajin batik “New Colet” selama hampir 13 tahun. Hasil eksplorasi pada batik Jombangan ini terdapat konsep geometri bangun datar antara lain lingkaran, setengah lingkaran, garis lengkung, ellips, segitiga, dan belah ketupat. Sedangkan konsep transformasi geometri yang ditemukan dalam batik Jombangan adalah konsep translasi, refleksi, dan dilatasi.
References
Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.
Copriady, J., & Firdaus, L. N. (2023). Etnomatematika dalam Pandangan Aliran Filsafat Esensialisme. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.23887/jfi.v6i1.50865
Kafifah, A., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2018). Pelevelan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship. KadikmA, 9(3), 75–84.
Kusuma, A. B., & Utami, A. (2017). Penggunaan Program Geogebra dan Casyopee dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika?: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.259
Maulani, F. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi transformasi geometri. Jurnal Gammath, 5(1), 16–25.
Medyasari, L. T., Zaenuri, Z., & Dewi, N. R. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Bangunan Kota Lama di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 981–991.
Nopiyanti, N. L. P. A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbantuan Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan Keterlibatan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jppm.v1i2.448
Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY, 1(1), 114–118.
Pratama, M. P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegence Sebagai Sumber Belajar Mandiri. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(3), 97-110.
Sandy, F., Liling, D., & Pratama, M. P. (2023). IMPELENTASI PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN DALAM PENDIDIKAN TINGGI. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(3), 111-117.
Z, Y. R., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942
Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. SIGMA, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.53712/sigma.v2i2.124