Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar untuk Mata Pelajaran Matematika Di SMK Kristen Tagari Rantepao

Authors

  • Enos Lolang Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Perdy Karuru Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Lindha Te’dang Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2331

Keywords:

Pelaksanaan, KuKurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka belajar untuk mata pelajaran matematika di SMK Kristen Tagari Rantepao. Sumber data dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika. Dalam penelitian ini, digunakan instrumen berupa angket untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka untuk mata pelajaran matematika. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Analisis data dimulai dengan memberikan angket kepada guru yang akan diteliti, setelah memberikan angket analisis data dilakukan dengan: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dengan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar untuk mata pelajaran Matematika di SMK Kristen Tagari Rantepao sudah terlaksana. Hal ini dapat dilihat pada Kurikulum Merdeka Belajar yang dicapai guru seperti (1) indikator Konsep dan Tujuan tentang kurikulum merdeka belajar terdapat 100% guru menyatakan ya. (2) indikator Implementasi terdapat 100% guru menyatakan ya. (3) indikator manfaat terdapat 100% guru menyatakan ya. (4) indikator Fleksibilitas terdapat 100% guru mengatakan ya. (5) indikator perencanaan kurikulum terdapat 100% guru menyatakan ya. (6) indikator saran dan masukan terdapat 100% guru menyatakan ya.

References

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Hima, L. R., & Palayukan, H. (2020). ANALISIS PEMBERIAN REWARD OLEH GURU UNTUK MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DALAM KURIKULUM MERDEKA.

Sembiring, R. K. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya. Journal on Mathematics Education, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.22342/jme.1.1.791.11-16

Downloads

Published

2023-12-20