Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual Materi Statistika Berorientasi Kemampuan Berfikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2330Keywords:
Media Pop Up Book, Kontekstual, Berfikir kritisAbstract
Media pembelajaran yang menggunakan Pop Up berfungsi menarik perhatian siswa agar membaca dan mengerjakan permasalahan yang dijabarkan. Media pembelajaran Pop Up ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi peserta didik karena dapat menyajikan visualisasi dengan melipat, bergerak dan muncul sehingga memunculkan efek kejutan bagi peserta didik ketika membuka setiap halaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan media Pop Up Book berbasis kontekstual berorientasi kemampuan berfikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni Analisis, Perencanaan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil penelitian validasi ahli media dan materi diperoleh rata-rata skor kevalidan 91,02% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil respon peserta didik terhadap media Pop Up Book minimal 63,33 % memberikan respon positif, dengan hasil post test 63,33 % peserta didik mencapai nilai ketuntasan belajar, sehingga media dikatakan cukup efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam belajar matematika.
References
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model: Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Matematik Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.148
Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sdn 3 Junjung Kecamatan Suymbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495
Khotimah and Verdianingsih—2019—Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasi.pdf. (n.d.).
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294
Nisa, S., Zulkardi, Z., & Susanti, E. (2018). Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Pada Materi Penyajian Data Histogram Melalui Pembelajaran Pmri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 21–40. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.5460.21-40
Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda | JURNAL FASILKOM. (2021). https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JIK/article/view/2546
Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi | Safri | Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Education). (n.d.). Retrieved January 15, 2023, from https://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8431/6812
Saraswati, E., & Novallyan, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pemahaman Konsep Trigonometri. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30631/ijer.v2i2.37
Satiti et al. - 2018—Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Kemampuan M.pdf. (n.d.).
Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA AJAR LUBANG HITAM MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN ADDIE. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112-119