Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman

Authors

  • Lusiana Delastri Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Inelsi Palengka Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Hendrifani Lummung Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2328

Keywords:

Aritmatika Sosial, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Prosedur Newman

Abstract

Pemecahan masalah merupakan bagian dari pembelajaran matematika yang sangat penting karena dalam proses pembelajaran maupun penyelesaiannya, siswa dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki. Salah satu metode pemecahan masalah dengan menggunakan pemecahan masalah berdasarkan newman. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial berdasarkan prosedur newman. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMPN 1 Makale yang terdiri dari 32 siswa. Dari hasil tes kemudian dipilih tiga siswa yaitu masing-masing satu siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis kategori tinggi, kategori sedang dan kategori rendah sebagai subjek untuk diwawancarai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis yang terdiri dari 3 butir soal dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) Subjek dengan kategori tinggi dapat memenuhi indikator pemecahan masalah matematis berdasarkan prosedur newman yaitu memembaca masalah, memahami masalah, transformasi masalah, keterampilan proses dan penulisan kesimpulan (2) subjek dengan kategori sedang hanya dapat memenuhi 4 indikator pemecahan masalah matematis berdasarkan prosedur newman yaitu membaca masalah, memahami masalah, transformasi masalah dan keterampilan proses (3) subjek dengan kategori rendah hanya memenuhi 2 indikator pemecahan masalah matematis berdasarkan prosedur newman yaitu membaca masalah dan memahami masalah.

References

Amini, S., & Nova Hasti Yunianta, T. (2018). Analisis Kesalahan Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial dan Scaffolding-nya Bagi Kelas VII SMP. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–28.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Melindarwati, T., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 7(1), 13–24. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th

Oktaviana, D. (2018). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719

Rahardjo, M., & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran Soal Cerita pada Operasi Hitung Campuran di SD. Modul Matematika SD Program Bermutu, 85.

Septiani, E. S., & Nurhayati, E. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient ( Aq ) Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning ( PBL ). 168–175.

Siliwangi, I. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. 3(1), 1–10.

Downloads

Published

2023-12-20