Pengembangan Media Pop-Up Kubus Transparan Pada Materi Jarak Dimensi Tiga
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2326Keywords:
Media Pembelajaran, Buku Pop-Up, Dimensi TigaAbstract
Dimensi tiga merupakan salah satu materi pembelajaran matematika yang memiliki kesulitan dalam memecahkan masalah sehingga membutuhkan penalaran yang lebih mendalam mengenai konsep-konsep yang ada. Proses pembelajaran dimensi tiga membutuhkan tingkat imajinasi yang sangat tinggi dalam berpikir agar kita bisa memecahkan masalah tersebut. Berdasarkan hal itu, penulis terinspirasi untuk mengembangkan media pembelajaran kubus transparan berbasis buku pop-up pada materi jarak dimensi tiga. Penelitian ini dilakukan di MAN 9 Jombang kelas XI MIA 1 dengan menggunakan model penelitian R&D (Research & Development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan evaluasi) dan menghasilkan produk media pembelajaran pop-up kubus transparan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) uji kevalidan dari validator 1 sebesar 96% dan validator 2 sebesar 88% yang termasuk dalam kategori valid. (2) uji kepraktisan yang diambil dari hasil angket respon siswa menunjukkan presentase sebesar 86,96% yang termasuk kategori sangat praktis. (3) uji kefektifan dari hasil analisis belajar siswa ekperimen dan kelas kontrol menujukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas tersebut, hal itu diartikan bahwa media pembelajaran efektif. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop-up kubus transparan yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.
References
Abner, D., Avianty, D., & Sefaverdiana, P. V. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Materi Bangun Ruang. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01), 38–44. https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1489
Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 261–268. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.329
Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.
Habibi, C. D., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1341–1351.
Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Silmi, U., & L, D. A. M. (2022). Systematic Literature Review:Teori Van Hiele dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 327–338. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i2.53166
Pratama, M. P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegence Sebagai Sumber Belajar Mandiri. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(3), 97-110.
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.
Sandy, F., Liling, D., & Pratama, M. P. (2023). IMPELENTASI PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN DALAM PENDIDIKAN TINGGI. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(3), 111-117.