Keefektifan Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi SPLDV
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2325Keywords:
discovery learning, SPLDV, prestasi belajar siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan pembelajaran discovery learning berbantuan video terhadap prestasi belajar siswa pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental Designs jenis Intact-Group Comparison, serta pendekatan data kuantitatif. Analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 92,2667, sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 83,3333. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Independent Sample t-Tes, dimana hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Penelitian ini menemukan variasi substansial dalam prestasi belajar siswa pada materi SPLDV antara kelas eksperimen dan kelas kontrol., maka penerapan pembelajaran discovery learning berbantuan video lebih efektif daripada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran secara konvensional.
References
Damayanti, E., & Sa’dijah, C. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. 7.
Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.
Farahsanti, I., Pribadi, A. J., Ariyanti, R., & Gunawan, G. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Online Berbasis Lesson Study. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.230
Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.
Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.
Nugraha, D. A., & Wulansari, T. (2023). Analisis Peningkatan Prestasi Belajar dan Self-efficacy Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning.
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah.
Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.
Pratiwi, K. D., & Ariawan, I. P. W. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning.
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Raihun, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Peserta Didik Kelas IX.3 SMP Negeri 4 Praya Timur. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(2), 124. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1809
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta Bandung.
Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran DIiscovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.341
Warsiki, N. M. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 287. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16226