Hambatan Guru Matematika dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar Di SMPN 1 Makale Utara

Authors

  • Perdy Karuru Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Enos Lolang Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Febriani Lino’ Sapan Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2324

Keywords:

Hambatan, guru matematika, kurikulum merdeka belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi hambatan guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di SMPN 1 Makale Utara. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Metode penelitian yang lebih menekankan analisa atau deskriptif.Dalam sebuah proses penelitian kualitatif hal-hal yang bersifat perspektif subjek lebih ditonjolkan dan landasan teori dimanfaatkan oleh peneliti sebagai pemandu,agar proses penelitian sesuai dengan fakta yang ditemui di lapangan ketika melakukan penelitian. Metode penelitian kualitatif lebih mengutamakan pengamatan fenomena dan lebih meneliti ke subtansi makna dari fenomena tersebut.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru SMPN 1 Makale Utara. Sesuai dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di Sekolah.Dalam penelitian ini teknik penelitian yang digunakan adalah Angket.Hasil analisis data angket respon guru terhadap hambatan yang dialami dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar Di SMPN 1 Makale Utara berdasarkan data respon guru dapat dideskripsikan bahwa dari 10 pertanyaan yang diberikan kepada 3 guru terdapat 6 jawaban yang menyatakan bahwa mereka mengalami hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di sekolah dan terdapat 4 jawaban yang menyatakan bahwa mereka tidak mengalami hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar.

References

Daga, Agustinus Tanggu. 2021. “Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(3):1075–90. doi: 10.31949/educatio.v7i3.1279.

Ibrahim, Neva Lionitha. n.d. “IDENTIFIKASI FAKTOR PENGHAMBAT PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS.”

Istikhoirini, Ela. 2021. “STUDI LITERATUR?: EDMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DARING DALAM ERA ERDEKA BELAJAR DI MASA PANDEMI.” 2(1).

Nurcahyono, Novi Andri, and Jaya Dwi Putra. 2022. “Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.”

Hima, L. R., & Palayukan, H. (2020). Analisis Pemberian Reward Oleh Guru Untuk Motivasi Belajar Matematika Dalam Kurikulum Merdeka.

Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6(4):6313–19. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3237.

Downloads

Published

2023-12-20