Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 1 Tondon
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2323Keywords:
Model Pembelajaran, Think Pair Share, Keterlaksanaan Pembelajaran, Aktivitas Siswa, Hasil BelajarAbstract
Model pembelajaran tipe think pair share atau berpikir secara berpasangan adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Penelitian ini mengungkapkan pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini adalah penelitian yang menjawab pertanyaan jumlah nilai rata-rata,dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIIID SMPN 1 Tondon,dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dan observasi. Didalam penelitian ini menggunakan tes yaitu tes akhir (posttest) yang diberikan setelah siswa mengikuti pembelajaran melalui penggunakaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran tipe think pair share dikategorikan terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh selama dua kali pertemuan sebesar 4,714. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dikategorikan aktif, hasil belajar siswa dapat dilihat dari perolehan nilai skor rata-rata siswa, nilai maksimum dan nilai minimum.Data hasil belajar penelitian dianalisis dengan teknik analisis dengan statistik deskriptif, hasil analisis menunjukan bahwa nilai rata-rata dilihat dari segi kemampuan yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe thing pair share adalah 85,751 dengan skor maksimum 98,076.
References
Fadhillah, Rizki, Della Maulidiya, dan Ringki Agustinsa. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 3, no. 2 (30 Agustus 2019): 140–50. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.140-150.
“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 3, no. 2 (30 Agustus 2019): 140–50. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.140-150.
“Penerapan Model Kooperatif tipe think pair share Terhadap Kemampuan pemecahan Masalah di Kelas VII SMPN 1 Manggeng.pdf,” t.t.
Muhammad Thobroni, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2013), hal.286
Palayukan, H. (2020). Efektivitas Pendekatan Think Pair Share (Tps) Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat SiswaKelas VII SMP Negeri 2 Kapalapitu. Zigma Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1), 36-50
Yatim,Riyanto,PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN sebagai Referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas ,(Jakarta:PRENADA MEDIA GROUP,2010),hal.265
Indie 2012, pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Tersedia pada http://007indien.blogspot.com/2012/09/pembelajaran-kooperatif-tipe-think-pair_1476.htmldiakses pada tanggal 19 januari 2013
Ni Made Ayu Suryanita,"PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS V A SMA NEGERI 1 BEBANDEM,KECAMATAN BEBANDEM,KEBUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2012/1013'