Efektifitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Buntao’ Satap
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2322Keywords:
Guided Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Aktivitas SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Buntao’ Satap setelah diterapkan model pembelajaran guided discovery learning; (2) aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 3 Buntao’ Satap pada saat diterapkan model pembelajaran guided discovery learning; (3) keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Buntao Satap pada saat diterapkan model pembelajaran guided discovery learning; (4) efektifnya model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Buntao’ Satap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksprimen dengan desain pre-exprimental design tipe one shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Buntao’ Satap. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data penelitian adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran serta lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VII SMP Negeri 3 Buntao’ Satap setelah diterapkan model pembelajaran guided discovery learning berada pada kategori tinggi; (2) aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 3 Buntao’ Satap selama diajar dengan model pembelajaran guided discovery learning berada pada kategori sangat aktif; (3) keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Buntao’ Satap selama diajar dengan model pembelajaran guided discovery learning berada pada kategori sangat baik; (4) model pembelajaran guided discovery learning setelah diterapkan efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Buntao’ Satap.
References
Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasional Aljabar Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82-91
Lestari, W. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).
Meylinda, D., & Surya, E. (2017). Kemampuan koneksi dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-12.
Nuraini, S. (2014). Identifikasi Tingkat Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Fungsi Kuadrat Using Multiply Solusi Tugas (MST). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3(3).
Palayukan, H. (2022). Semiotics in Integers: How Can the Semiosis Connections Occur in Problem Solving?. Webology, 19(2).
Putro, B. A. (2020). Improving Indonesian Learning Results In Suggestion Sentences With Guided Discovery Learning Model. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 3, pp. 706-711).
Rosadi, C. D. (2014). Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Relasi dan Fungsi Melalui Penerapan PBI Terhadap Siswa Kelas VIII A SMP Harapan Mulia Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Susilo, & Farid, A.(2013). Peningkatan Efektifitas pada Proses Pembelajaran. Jurnal MATHE Dunesa, 2 (1)
Yusnidah, (2018). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pendekatan Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 3 Palopo. Skripsi diterbitkan. Palopo: FKIP-UNCP.