Analisis Kesalahan Siswa Smp Negeri 1 Makale Utara Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2321Keywords:
Kesalahan Matematika, Bangun Ruang, Sisi Lengkung, KerucutAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi lengkung. Jenis kesalahan yang akan diteliti mengacu pada teori yang membedakan kesalahan siswa dalam mengerjakan matematika menjadi tiga kategori yaitu Tinggi, Sedang, Rendah. ubjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Makale yang terdiri atas 1 orang siswa berkemampuan matematika tinggi (S1), 1 orang siswa berkemampuan matematika sedang (S2), dan 1 orang siswa berkemampuan matematika rendah (S3). Data dikumpulkan melalui Tes Bangun Ruang Sisi lengkung (TBRSL) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa S1 melakukan kesalahan konsep dan prosedural yaitu tidak memperhatikan rumus, S2 melakukan kesalahan prosedural yaitu tidak tepat dalam menyusun langkah-langkah penyelesaian soal yang menyebabkan kesalahan dalam rencana penyelesaian, dan S3 melakukan kesalahan teknik yakni kesalahan dalam perhitungan.
References
Aditya Cahyani, C. dan Sutriyono, S. (2018) ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga’, JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), p. 26. Available at: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.257
Dewi, S.P. dan Kartini, K. (2021) ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman’, Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), pp. 632–642. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508.
Dwidarti, U., Mampouw, H.L. dan Setyadi, D. (2019) ‘Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan’, Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), pp. 315–322. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110.
Hananta, O., Florencia Ivani dan Ratu, N. (2019) ‘Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma’, JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), p. 29. Available at: https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.900
Ismaimuza, D. dan Lefrida, R. (2015) ‘Analisis Kesalahan Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bentuk Aljabar Di Smp Negeri 7 Palu’, Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(4), pp. 426–435..
Kurniawati, D. dan Ekayanti, A. (2020) ‘Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika’, 3(2), pp. 107–114.
Marasabessy, R., Hasanah, A. dan Juandi, D. (2021) ‘Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika: Suatu Kajian Pustaka’, 4(1).
Mauliandri, R. dan Kartini, K. (2020)
‘Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP’, AXIOM?: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), p. 107. Available at:
https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687.
Nugroho, R.A. ‘Disusun untuk salah satu syarat menyelesaikan Program Studi Strata I pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan’.
Nuryah, M., Ferdianto, F. dan Supriyadi, S. (2020) ‘Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya’, Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), p. 63. Available at: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.983.
Palayukan, H., Langi, E. L., Palengka, I., & Hima, L. R. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Kubus dan Balok. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 879-884.
Pradini, W. (2019) ‘Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear dua variabel’, Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), pp. 33–45. Available at: https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.21481.
Setialesmana, D., Anisa, W.N. dan Herawati, L. (2017) ‘Asosiasi Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematik Mahasiswa Melalui Metode Inkuiri Model Alberta’, 3.
Sopiany, H.N. dan Rahayu, W. (2019) ‘Analisis Miskonsepsi Siswa Ditinjau Dari Teori Kontruktivisme Pada Materi Segiempat’, Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), pp. 185–200. Available at: https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6773.185-200
Ulfa, D. dan Kartini, K. (2021) ‘Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan’, Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), pp. 542–550. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507.
Wahyuni, A. (2020) ‘Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial’, Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), p. 67. Available at: https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10022.