Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Kristen Makale Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar

Authors

  • Beatric Videlia Remme’ Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Selvi Rajuaty Tandiseru Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Bartolomeus Tandi Lomban Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2320

Keywords:

Analisis, Kesalahan, Bentuk Aljabar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa SMP Kristen Makale dalam menyelesaiakan soal pada materi operasi bentuk aljabar.Indikator kesalahan yang digunakan yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan operasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-B yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan yang penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Kesalahan konsep yang dilakukan siswa yaitu sebesar 9,09%. Tipe kesalahan yang dilakukan adalah siswa tidak memahami soal, tidak menjawab soal sehingga tidak ada penyelesaian dari soal. (2) Kesalahan prinsip yang dilakukan siswa yaitu sebesar 20,91%. Tipe kesalahan yang dilakukan siswa adalah salah dalam menerjemahkan soal dan salah dalam tidak memperhatikan prasyarat dalam menggunakan rumus, teorema, atau definisi. (3) Kesalahan operasi yang dilakukan siswa yaitu sebesar 70,00%. Tipe kesalahan yang dilakukan siswa adalah tidak dapat menyelesaikan jawaban dari soal sampai tuntas, salah dalam penulisan tanda operasi dan salah dalam menghitung dari perhitungan aljabar.

References

Malik, Q. M. (2011). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP 4 Kudus Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Segiempat Dengan Panduan Kriteria Polya. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Program Studi Matematika Universitas Negeri Semarang.

Palayukan, H. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku berdasarkan kriteria Watson di kelas X SMA Katolik Rantepao. Inspiramatika, 4(1), 47-60.

Palayukan, H. (2023). PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Aljabar 1, 41.

Remme, B. V., & Ba'ru, Y. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Newman’s Error Analysis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Mahasiswa Semester IV UKI Toraja. Prosiding Semkaristek, 1(1), 77-81.

Remme, B. V., & Ba’ru, Y. Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Newman’s Error Analysis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Mahasiswa Semester IV UKI Toraja.

Zain, A. N., Supardi, L., & Lanya, H. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Trigonometri. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 12–16.

Downloads

Published

2023-12-20