Pengembangan E-book Berbasis Numbered Team In Guided Discovery (NTGD) Materi Turunan Berorentiasi Berfikir Analisis
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2319Keywords:
e-book, Numbered Team in Guided Discovery (NTGD), berfikir analisis peserta didikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan dan keefektifan bahan ajar pembelajaran matematika berupa e-book Berbasis Numbered Team in Guided Discovery (NTGD) Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Berorentiasi Pada Berpikir Analisis Peserta Didik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Implementasi desain menggunakan One Group Pre-test Post-test Design dengan instrumen berupa angket dan tes. Data pemahaman konsep matematika peserta didik dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes sebanyak 5 soal uraian. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) e-book yang dikembangkan dikategorikan sangat valid dengan skor rata-rata 86,87% berdasarkan penilaian para ahli, serta dikategorikan layak dengan skor rata-rata 77,70%. berdasarkan respon peserta didik terhadap media pembelajaran. (2) e-book yang dikembangkan efektif ditinjau dari ketuntasan belajar secara klasikal dan ketercapaian tujuan pembelajaran dengan peningkatan pencapaian kompetensi hasil belajar peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 87,88 dan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 75,00% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil temuan penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa e-book book Berbasis Numbered Team In Guided Discovery (NTGD) Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Berorentiasi Pada Berpikir Analisis Peserta Didik valid dan layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.
References
Borg W.R. & Gall M.D. (1983). Educational Research: An Introduction (4th Edition). London.
Facione, P. A. (N.D.). Critical Thinking: What It Is And Why It Counts. Critical Thinking.
Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.
Fitriani, F., Wirawan Fadly, & Ulinnuha Nur Faizah. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Pada Tema Pewarisan Sifat. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 55–67. Https://Doi.Org/10.21154/Jtii.V1i1.64
Irwan. F, I W., Santyasa, I M., & Tegeh. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Self Regulated Learning Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya Bagi Siswa Kelas VII Smp Negeri 3 Mendoyo. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/207234-Pengembangan-Multimedia-Interaktif-Berba.Pdf
Makdis, N. (2020). Penggunaan E-Book Pada Era Digital.
Nabela, A., Mariyam, M., & Nurhayati, N. (2020). Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smpn 6 Singkawang. J-Pimat?: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 116–125. Https://Doi.Org/10.31932/J-Pimat.V2i1.666
Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. Https://Doi.Org/10.21927/Literasi.2013.4(1).19-32
Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE Dan Islam Pada Materi Pecahan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 110. Https://Doi.Org/10.33603/Jnpm.V4i1.2874
Salamiyah, Z., & Kholiq, Abd. (2020). Pengembangan Ecthing (E-Book Creative Thinking) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Smk Pada Materi Hukum Ohm. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 342–348. Https://Doi.Org/10.26740/Ipf.V9n3.P342-348
Sari, C. K., Anisa, Z. L., Sholiha, I., & Setaji, B. (2022). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Numbered Team In Guided Discovery (NTGD) Pada Materi Mekanika Analitik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMA.
Sandy, F., Liling, D., & Pratama, M. P. (2023). IMPELENTASI PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN DALAM PENDIDIKAN TINGGI. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(3), 111-117.
Sari, P. (2019). Analisis Strategi Mahasiswa Dalam Menentukan Turunan Fungsi Dengan Metode Diferensiasi Logaritmik. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.26740/Jrpipm.V2n1.P001-014
Sekaran, U. (2017). Bussines Research (P. 60). Alfabeta. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=9dzweaaaqbaj&Lpg=PR2&Ots=1eici69llh&Dq=Kerangka%20berpikir%20metode%20penelitian%20rnd&Lr&Pg=PA104#V=Onepage&Q&F=False
Sugianto, L. (N.D.). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Differensial Dengan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT).
Sumarsono, L. M. A., & Anggaryani, M. (2022). Pengembangan E-Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 11(2), 24–32. Https://Doi.Org/10.26740/Ipf.V11n2.P24-32
Sy, N., Duran, A., & Susilo, H. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma.
Syavarizca, D. (2021). Kajian Hots (High Orger Thinking Skill) Dan Kaitannya Dengan Berpikir Analitis. 6(1).
Yuni, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (Gdl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Smpn I Bandar Baru. Https://Jurnal.Ar-Raniry.Ac.Id/Index.Php/Alkhawarizmi/Article/View/4507/2961
Yuwono, G. R., Sunarno, W., & Aminah, N. S. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Analitis Pada Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Ranah Pengetahuan. EDUSAINS, 12(1), 106–112. Https://Doi.Org/10.15408/Es.V12i1.11659
Zakiah, I. F., Karim, S., Efendi, R., & Feranie, S. (2021). Rancang Bangun E-book Interaktif pada Materi Gelombang Cahaya.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Biologi, P., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., & Biologi, J. (2021). Pengembangan e-book berbasis project based learning (pjbl) untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan kelas xii sma Development Of Project-Based Learning (PjBL) Based E-Book to Train Creative Thinking Skill in Plant Growth and Development Topic of 12 th Grade in Senior High School Luspita Wahyuni Yuni Sri Rahayu. In Tahun (Vol. 10, Issue 2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis addie model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Florida, R., & King, K. (n.d.). the global creativity index 2015 Cities.
Hidayat SMP Negeri, F., Jl Cihanjuang No, P., Rahayu, C., Parongpong, K., Bandung Barat, K., Nizar SMAN, M., Jl Ir Juanda Jl Dago Pojok, B. H., Coblong, K., Bandung, K., & Barat, J. (n.d.). Model addie (analysis, design, development, implementation and evaluation) dalam pembelajaran pendidikan agama islam addie (analysis, design, development, implementation and evaluation) model in islamic education learning.
Kurniasih, Y., Vivanti Sigit, D., & Handayani Kurniati, T. (2021). Discovery learning model ebook development on ecosystem materials for distance learning. Edusains, 13(2), 119–128. https://doi.org/10.15408/es.v13i2.21876
Marcela, R., & Aryaningrum, K. (n.d.). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. 4.
Rositha, R., Mohammad, H., Maknun, T., Lewa, I., Hasanuddin, U., & Corresponding Author, M. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Siswa Sma Negeri 4 Kota Palu Dalam Menulis Resensi Film Laskar Pelangi Melalui Model Discovery Learning. https://journal.stai-alfurqan.ac.id/alqiyam/index.php/alqiyam/
Rosna, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajar IPA di kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 235–246.