PERSEPSI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i3.2300Keywords:
Kampus mengajar, kurikulum merderka, mahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi mahasiswa tentang implementasi kurikulum merdeka di sd dalam program kampus mengajar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 5 Kurra Kabupaten Tana Toraja semester ganjil 2023/2024. Penelitian terdiri dari observasi dan penyebaran angket pada mahasiswa yang melakukan kampus mengajar penelitian dilakukan di SDN 5 Kurra. Data hasil persepsi mahasiswa dikumpulkan mengunakan angket kuisioner dan wawancara . Hasil penelitian menunjukkan pada tingkat pemahaman mahasiswa atas kurikulum merdeka program MBKM pada program kampus mengajar variatif.
References
Agus Salim Chamidi, Nurhidayah , Agoes Dariyo , Dian Hidayati , Fuad Aljihad , Millah Kamilah Muslimat, Muhammad Akasah, Irvan Kristivan, Agus Mulyanto, O. R. (2022). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah/Madrasah melalui Bimtek Model In-On-In. DIKMAS: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 19(1), 1–18.
Anastasia Baan, & Resnita Dewi. (2021). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 327–331. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1407
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Educational and Language Research, 1(12).
Ervianti, Pratama, M. P., Sofyan, H, N., & Aminuddin, R. (2022). Penggunaan Media Video Tutorial Photoshop Untuk Meningkatkan. Patria Artha Technological Journal, 6(2), 174–178.
Kemendibudristek, B. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan.
Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, (2022).
Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85–100. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513
Pratama, M. P., & Ruruk, S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SAC PADA MATA KULIAH DASAR-DASAR KOMPUTER.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Saputra, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Kecerdasan Emosional, Konsep Diri dan Pola Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Nusantara, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.38035/jpkn.v1i1.111
Sumantri, A., Apriansyah, D., Pura, D. M., & ... (2023). Pendampingan Satuan Pendidikan Untuk Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Jurnal Dehasen …, 2(1), 99–102.