IMPELENTASI PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN DALAM PENDIDIKAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i3.2295Keywords:
Kecerdasan Buatan, Integrasi Teknologi, Pendidikan TinggiAbstract
Pendidikan tinggi memasuki era transformasi digital, dan kecerdasan buatan (AI) menjadi salah satu inovasi utama yang membentuk perubahan tersebut. Penelitian ini mengeksplorasi implementasi penggunaan kecerdasan buatan dalam konteks pendidikan tinggi, membahas dampaknya terhadap proses pembelajaran, peningkatan efisiensi administratif, dan perubahan paradigma pendidikan. Kami menggali berbagai aplikasi kecerdasan buatan, seperti pembelajaran adaptif, analisis sentimen, dan pengelolaan data, yang secara signifikan memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dan mendukung pengambilan keputusan di lembaga pendidikan tinggi. Sementara manfaatnya sangat besar, penelitian ini juga menyoroti tantangan yang mungkin dihadapi, termasuk isu privasi, keamanan data, dan integrasi teknologi dalam kurikulum akademik. Kesimpulannya, implementasi kecerdasan buatan dalam pendidikan tinggi dapat menjadi pilar dalam membentuk mahasiswa yang siap menghadapi tuntutan masyarakat berbasis pengetahuan dan memberikan kontribusi pada pengembangan sistem pendidikan yang lebih adaptif dan inovatif.
References
Adi Nugroho, P. (2020). Pengaruh Revolusi Industri 4.0 terhadap Wajah Perpustakaan Perguruan Tinggi. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 9(2), 63. https://doi.org/10.20473/jpua.v9i2.2019.63-66
Haris, M. T. A. R., & Tantimin, T. (2022). Analisis Pertanggungjawaban Hukum Pidana Terhadap Pemanfaatan Artificial Intelligence Di Indonesia. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 8(1), 307–316. https://doi.org/10.23887/jkh.v8i1.44408
Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-wecksler, E. T. (n.d.).
Kennedy, P. S. J. (2023). Digitalisasi Pendidikan?: Artificial Iintelligence Di Pendidikan Tinggi. Prosiding Nasional 2023, 205–215.
Malik, A. R., Pratiwi, Y., Andajani, K., Numertayasa, I. W., Suharti, S., Darwis, A., & Marzuki. (2023). Exploring Artificial Intelligence in Academic Essay: Higher Education Student’s Perspective. International Journal of Educational Research Open, 5(September), 100296. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100296
Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 41–55. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.792
Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.
Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.
Pratama, M. P., Ruruk, S., & Karuru, P. (2023). Validity of interactive learning media in computer basics course. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(3), 353-362.
Pahmi, Z., & Pratama, M. P. (2023). Utilization of Google Classroom as Online Learning Media in the Era of Revolution 4.0. JOURNAL OF SOSIAL SCIENCE AND EDUCATIONAL REVIEW, 1(1), 42-49.
Nadialista Kurniawan, R. A. (2021). Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699.
Tinggi, P. (2023). DIGITALISASI PENDIDIKAN?: ARTIFICIAL INTELLIGENCE DI. 205–215.
Zein, A. (2021). Kecerdasan Buatan Dalam Hal Otomatisasi Layanan. Jurnal Ilmu Komputer JIK, 4(2), 18.