PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELEGENCE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i3.2294Keywords:
Artificial Intelegence, Sumber BelajarAbstract
Adanya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran terutama buku digital atau yang sering di sebut sebagai Artificial Intelegence yang diakses melalui perantara komputer, leptop maupun smartphone. Pemanfaatan Artificial Intelegence ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan proses belajar mandiri maupun dalam lingkungan kampus yang berperan sebagai sumber belajar, dikatakan sebagai sumber belajar karena menyampaikan informasi berupa teks, gambar, audio visual, narasi dan multimedia lainya.. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar dan respon mahasiswa program studi teknologi pendidikan mengenai Artificial Intelegence sebagai sumber belajar. Pada penelitian ini mengunakan kualitatif deskriptif sebagai prosedur pendekatan yang menghasilkan deskripsi data berupa kata-kata tertulis yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan apa yang ada atau mengenai kondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang sedang berkembang, dan proses yang sedang berlangsung, dengan teknik pengambilan data dengan cara obsevasi dan angket. Hasil analisis menunjukkan mahasiswa program studi teknoloi pendidikan angkatan 2020 telah bayak mengunakan Artificial Intelegence sebagai sumber belajar mandiri berdasarkan hasil analisis yang dilakukan. Jika di kalkulasikan hampir 100% sudah mengunakan Artificial Intelegence sebagai sumber belajar mandiri, yang diakses melalui komputer, leptop dan smartpon. Pengunaan Artificial Intelegence sebagai sumber belajar mandiri mahasiswa teknologi pendidiakan memiliki kelebihan dan kekuranan masing. Akan tetapi presentasinya meninjukkan 90% menunjukkan dampak positif. Sebelebihnya itu 10% menunjukkan kelemahan dari Artificial Intelegence.
References
Faisol, A. A. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELEGENCE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA PROBOLINGGO. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
Fitriyanti, P. (2021). Penggunaan Artificial Intelegence Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Menengah Pertama. Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 170–177. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5325
Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, & Cholifah, Nn. (2021). Pemanfaatan Artificial Intelegence untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671
Makdis, N. (2020). Penggunaan Artificial Intelegence pad era digital. Al-Maktabah, 19, 77–84. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/download/21058/8876
Of, U., Library, D., Learning, A. S. A., For, R., & Of, S. (n.d.). PEMANFAATAN DIGITAL LIBRARY SEBAGAI SUMBER BELAJAR UTILIZATION OF DIGITAL LIBRARY AS A LEARNING RESOURCE FOR STUDENTS OF.
Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.
Pratama, M. P., Ruruk, S., & Karuru, P. (2023). Validity of interactive learning media in computer basics course. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(3), 353-362.
Pahmi, Z., & Pratama, M. P. (2023). Utilization of Google Classroom as Online Learning Media in the Era of Revolution 4.0. JOURNAL OF SOSIAL SCIENCE AND EDUCATIONAL REVIEW, 1(1), 42-49.
Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.
Studi, P., Ilmu, P., Sosial, P., Pendidikan, J., Pengetahuan, I., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2018). Pengaruh penggunaan Artificial Intelegence sebagai sumber belajar sejarah terhadap prestasi belajar siswa kelas x ipa madrasah aliyah negeri 2 kota probolinggo. 26.