OPTIMASI STRATEGI GENERALISASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN: TELAAH LITERATUR UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i3.2292Keywords:
generalisasi, pendidikan, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, sumber daya manusiaAbstract
Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi generalisasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas pengembangan sumber daya manusia. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dengan metode studi literatur. Beberapa sumber data yang dapat dijadikan rujukan antara lain buku, jurnal, majalah, surat kabar atau karya ilmiah dan data-data yang dianggap relevan dengan pembahasan. Hasil penulisan karya tulis ini antara lain : (1) generalisasi dalam pendidikan sangat penting untuk menciptakan pembelajaran yang efektif; (2) pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari dalam lingkungan pendidikan harus ditransfer ke dalam dunia nyata; (3) teknologi memiliki peran yang sangat krusial dalam meningkatkan generalisasi dala pendidikan; (4) guru berperan memberikan panduan yang utuh dalam memberikan dukungan dan bimbingan untuk memfasilitasi proses generalisasi.
References
Nurdyansyah, Fahyuni EF. Inovasi Model. Nizmania Learning Center. 2016. 190 p.
Allan Luke. Generalising Across Borders: Policy and The Limits Of Education Science. Educ Res [Internet]. 2011;(April):1–23. Available from: oai:eprints.qut.edu.au:41118
Stokes TF, Baer DM. An implicit technology of generalization1. J Appl Behav Anal. 1977;10(2):349–67.
Ingersoll , Brookeand Wainer A. Encyclopedia of Autism Spectrum Disorders [Internet]. Volkmar FR, editor. Cham: Springer International Publishing; 2021. 2200–2204 p. Available from: https://link.springer.com/10.1007/978-3-319-91280-6
Tantawy N. Investigating Teachers’ Perceptions of the Influence of Professional Development on Teachers’ Performance and Career Progression. Arab World English J. 2020;11(1):181–94.
Nurdin I, Hartati S. Metodologi Penelitian Sosial. 2019. 280 p.
Erman S.Ar. Model Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Educ (Jurnal Pendidik dan budaya). 2008;Vol 05-No(2):1–35.
Sofyan. Respon MasyarakatTerhadap Pelaksanaan Pendidikan Alternatif Berbasis Teknologi Digital Oleh Komunitas Ruang Abstrak Literasi. J Teach Educ [Internet]. 2022;4:356–68. Available from: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/8038
Nugraha SA, Sudiatmi T, Suswandari M. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV [Study of the Effect of Online Learning on Grade IV Maths Learning Outcomes]. J Inov Penelit [Journal Res Innov. 2020;1(3):265–76.
Hastuti WH, Yoenanto NH. Pengaruh Self-Regulated Learning, Kecemasan Matematika, Dukungan Sosial Guru Matematika, dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri “X” Surabaya. J Psikol Integr. 2019;6(2):116.
Habsy BA. Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling?: Studi Literatur. JURKAM J Konseling Andi Matappa. 2017;1(2):90.
Hasnunidah N. Metode Penelitian. Media Akad. 2017;117.
M.Zain. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Metod Penelit Bhs [Internet]. 2018;14:1–123. Available from: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/1830
Sugiyono. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D [Internet]. Bandung: Alfabeta; 2013. 456 p. Available from: https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43