PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI FONDASI GENERASI MASA DEPAN YANG BERKUALITAS MAHASISWA KELAS C1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UKI TORAJA

Authors

  • Anna Pertiwi Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Robertus Ippang Lomban Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Calvin Salenda Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Nova Damayanti Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i3.2291

Keywords:

Pendidikan karakter, moral, etika, kepemimpinan, tanggung jawab sosial, generasi masa depan

Abstract

Pendidikan karakter menjadi isu penting dalam membentuk generasi masa depan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami konsep pendidikan karakter sebagai fondasi penting bagi perkembangan generasi mendatang. Studi ini mengkaji berbagai aspek pendidikan karakter, termasuk nilai-nilai moral, etika, kepemimpinan, dan tanggung jawab sosial. Penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam sistem pendidikan yang ada, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Kami juga mengeksplorasi peran penting pendidik dalam membimbing siswa untuk menjadi individu yang berintegritas dan bertanggung jawab. Melalui penelitian ini, kami berupaya memberikan wawasan tentang betapa krusialnya pendidikan karakter dalam membentuk generasi masa depan yang dapat menghadapi tantangan kompleks di era globalisasi. Kami juga berbagi praktik terbaik dan strategi efektif untuk mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kurikulum pendidikan.

Harapan kami adalah dengan penekanan pada pendidikan karakter, kita dapat melahirkan generasi yang bukan hanya pintar secara akademis, tetapi juga memiliki nilai-nilai moral yang kuat, kepemimpinan yang baik, dan komitmen terhadap kebaikan sosial.

References

@ journals.ukitoraja.ac.id. (n.d.). https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/PROSDING/article/view/2219/1590

Pertiwi, A., Kamal, K., M. Daming, H., Takdir, M., & Hamid, H. (2023). Development of Android-Based Interactive Multimedia On Thematic Learning. Journal on Education, 6(1), 3457–3465. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3414

Pertiwi, A., Pd, S., & Pd, M. (n.d.). Kebutuhan Pengembangan Media Film Pembelajaran Hikayat pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di SMA Negeri 12 Tana Lili.

Santoso, H. (2017). Pendidikan Karakter untuk Menyiapkan Generasi Indonesia Berkemajuan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikakn, 404–409.

Aezaerlina. 2011. Empat pilar pendidikan menurut UNESCO.https://aezacan.wordpress.com/2011/03/11/4-pilar-pendidikan menurut unesco.

Dali Gulo dan Kartini Kartono. 1987. Kamus Psikologi. Bandung, Pionir Jaya Efendi, Taufiq, 2008. Jati Diri Bangsa Indonesia Menuju Indonesia Jaya. Jakarta, Exatama Mediasindo

Darmiyati, Zuchdi. (2009). Pendidikan Karakter: Grand Design dan Nilai-nilai Target. Yogyakarta: UNY Press.

Darmiyati, Zuhdan dan Muhsinatun.(2010). Pengembangan Model Pendidikan Karakter

Terintegrasi Dalam Pembelajaran Bidang Studi Di Sekolah Dasar. e-jurnal Cakrawala P

Damayanti, Reti. 2011. Guru dan Siswa Berkarakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Volume 1, Tahun 2011. ISBN 978-602-19541-0

Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Barnawi & M. Arifn. (2012). Strategi dan Kebijakkan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bloom, Krathwohl & Marsia. (1964). Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman 24 Ta’dib, Volume 18, No. 1 (Juni 2015)

Chacter.org. (2014). Eleven Principles of Effective Character Education. United State of America: www.character.org

Downloads

Published

2023-11-20