PERAN TEKNLOGI PENDIDIKAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Authors

  • Hasni Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Christiani Reilsa Masang Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Meir Fani L. S Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Monika Rante Allo Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i3.2290

Keywords:

Teknologi Pendidikan, Merdeka Belajar

Abstract

Teknologi pendidikan memiliki peran yang signifikan dalam mendukung konsep "Merdeka Belajar" yang diimplementasikan oleh Kementerian Kebudayaan Indonesia. Melalui hasil survei menggunakan angket terhadap mahasiswa Teknologi Pendidikan Angkatan 2021 Universitas Kristen Indonesia Toraja, ditemukan bahwa hampir semua mahasiswa memiliki akses ke teknologi, dan sebagian besar dari mereka sering menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Selain itu, teknologi memungkinkan pembelajaran mandiri, mengikuti minat dan kebutuhan individu, serta membantu mengembangkan berbagai keterampilan yang penting dalam dunia modern. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa konsep "Merdeka Belajar" dapat diperkuat oleh pemanfaatan teknologi dalam kurikulum pendidikan. Teknologi memberikan dampak positif dalam memberikan kemerdekaan berpikir kepada mahasiswa. Namun, tetap ada tantangan dan hambatan yang perlu diatasi untuk memaksimalkan manfaat teknologi dalam pendidikan. Penerapan teknologi dalam pendidikan memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, membantu mereka menjadi individu yang beriman, berakhlak mulia, cakap, berilmu, inovatif, kreatif, mandiri, serta masyarakat yang demokratis dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, penerapan teknologi pendidikan harus terus diperkuat dan disempurnakan untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik di Indonesia.

References

Agil, N. (2020). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 8 No. 2 (Mei, 2020).

JUrnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 157–167. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ejournal.undiksha.ac.id/i ndex.php/JJPP/article/view/25434&ved=2ahUKEwic5fep2PHsAhUSeYKHU8fBGQQFjA AegQICRAC&usg=AOvVaw3Tezzh5erg5X3r51XrDwtW

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). ??No Title No Title No Title (Issue July).

Author 1, Author 2, & Author 3. (2017). Title article. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3,

(00), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Sdm, K. (2016). Vol. 5. No. 1 Tahun 2016. 5(1), 11–21.

Suhada, S. (2017). Peranan Teknologi Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.

Hikmah: Journal of Islamic Studies, 13(2), 49. https://doi.org/10.47466/hikmah.v13i2.152 Tasya, N., Syamsurizal, Arsih, F., & Anggriyani, R. (2023). JOTE Volume 4 Nomor 3 Tahun

Halaman 242-250 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education. Validitas Modul Ajar Hereditas Manusia Berbasis Problem Based Learning (PBL), 4, 242–250.

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63

Downloads

Published

2023-11-20