PENERAPAN AI (ARTIFICIAL INTELEGENCE) SEBAGAI ASISTEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA

Authors

  • Hasni Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Riston Jufro Bangalangi Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Mey Tumba Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i3.2289

Keywords:

Kecerdasan buatan, Pontensi, Pembelajaran, Teknologi

Abstract

Kecerdasan buatan atau AI telah menjadi salah satu tren teknologi yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. AI memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan berbagai cara, antara lain Pembelajaran yang lebih personal. AI dapat digunakan untuk mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan dan kebutuhan belajar mereka, sehingga dapat memberikan pembelajaran yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Umpan balik yang lebih cepat dan akurat. AI dapat digunakan untuk memberikan umpan balik yang lebih cepat dan akurat kepada siswa, sehingga siswa dapat segera memperbaiki kesalahan mereka. AI dapat digunakan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Analisis ini juga mengkaji masalah utama lainnya dan bagaimana kecerdasan buatan mempengaruhi standar pekerjaan guru dan mendorong kejujuran akademik. Solusi kecerdasan buatan menganalisis data pembelajaran dengan lebih baik dan memungkinkan siswa menyesuaikan pendidikan setiap pelajar agar sesuai dengan kebutuhan unik mereka. Fokus akan membahas berbagai cara AI dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran, serta tantangan dan hambatan yang perlu dipertimbangkan dalam penerapan AI dalam pembelajaran.

References

Dan, K., Kecerdasan, I., & Sumenep, S. P. (2023). ABUYA?: Jurnal Pendidikan Dasar. 1, 1–16.

Eka Yan Fitri, M., & Chairoel, L. (2019). Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Gender Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Benefita, 1(1), 162. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i1.3849

Hikmawati, N., Sufiyanto, M. I., & Jamilah. (2023). Konsep Dan Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Dalam Manajemen Kurikulum Sd/Mi. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 1–16.

Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022).

Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 41–55. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.792

Mustofa, R. H., & Riyanti, H. (2019). Perkembangan E-Learning Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Era Digital. Wahana Didaktika?: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3), 379. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.4343

Pratikno, A. S., & Madura, U. T. (2018). Implementasi Artificial Intelligence dalam Memetakan Karakteristik , Kompetensi , dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline Implementasi Artificial Intelligence Dalam Memetakan Karakteristik , Kompetensi , dan Perkembangan Ps. September 2017.

Putu, L., Sri, A., Saputra, P. S., Gitakarma, M. S., Informasi, T., Teknik, F., Sakti,

U. P., Rekayasa, T., Elektronika, S., Ganesha, U. P., & Korespondensi, P. (2022). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 THE ROLE OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) TO SUPPORT LEARNING. 1(1), 15–21.

Rahmawati, Fahmi, Yusnar, C., Yunus, Y., & Amra, S. (2022). Penerapan Deteksi Wajah Sebagai Implementasi Artificial Intelligence ( AI ) pada Guru Sekolah Muhammadiyah Kota Lhokseumawe. Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 6(1), 64–69.

Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3258–3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805

Downloads

Published

2023-11-20