PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLEGENCE DALAM PEMBELAJARAN PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Inggar Saputra Perkumpulan Rumah Produktif Indonesia
  • Ahmad Ridho Sekolah Dasar Laboratorium Islamic Technology
  • Debi Hikmayani Sekolah Dasar Inpres 74 Siwi

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i3.2288

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Pembelajaran, Pancasila, Perguruan Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pemanfaatan artificial intelligence (kecerdasan buatan) dalam pembelajaran Pancasila di Perguruan Tinggi. Pemanfataan artificial intelligence diyakini mampu membuat pembelajaran mandiri berjalan efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan teknik pengumpulan data menggunakan buku- tugas akhir, jurnal, artikel dan website yang relevan. Metode analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah artificial intelligence dapat dipakai dan memiliki relevansi dalam pembelajaran Pancasila di Perguruan Tinggi. Beberapa produk dan platform artificial intelligence yang sering dipakai dalam pembelajaran adalah virtual mentor, voice assistant, smart content, dan presentation translator Selain itu ada juga platform ChatGPT, Pictory AI, Gamma APP. Kesimpulan dari penelitian pemanfataan teknologi seperti platform dan produk artificial intelligence dapat mendorong kemudahan pembelajaran Pancasila di perguruan tinggi baik dalam mencari materi dan referensi pembelajaran, mengerjakan tugas dan kuis maupun mendorong kemampuan literasi, kolaborasi, komunikasi, berfikir kritis, kreativitas, kewarganegaraan dan pengembang an karakter.

References

Astuti, W.S.N., & Asikin, m. (2019). Strategi Pembelajaran Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi. Seminar Nasional Pasca Sarjana 2019, 2(1): 469-473.

Hakim, L. (08/12/22). “Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Dalam Pendidikan” diakses dari https://ppg.kemdikbud.go.id/news/peranan-kecerdasan-buatan- artificial-intelligence-dalam-pendidikan

Khairi, a., Kohar, S., Widodo, H,K., Ghufron, M.A., Kamaluddin, I., Prasetya, D., & Anggraeni, D. (2022). Teknologi Pembelajaran: Konsep dan Pengembangannya di Era Society 5.0. Penerbit Nem.

Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intellegence (Teknik dan Aplikasinya). Graha Ilmu Kom, S. (2021). Teknologi Pendidikan Di Abad Digital. Penerbit Lakeisha.

Muawani, R.F., Fauziyah, S.U., & Chusni, M.M. (2022). Implementasi Artificial Intellegence Dengan Pemanfaatan Fitur Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Di Era Society

0. Fordetak, 269-274.

Molenaar, I. (2021). Personalisation Of Learning: Towards Hybrid Human-Ai Learning Technologies. In OECD Digital Education Outlook 2021: Pushing The Frontiers With Artificial Intelligence, Blockchain And Robots. OECD Publishing, Paris.

Rahadiantino, L., Fahmi, A., Aparamarta, H.W., Moerad, S.K., & Shiddiqi, A.M., (2022). Implmentasi Pembelajaran Artificial Intellegence Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kota. 6(1): 308 – 317.

Saputra, H, N., Tanpa Tahun. “Aktualisasi Pengamalan Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran Digital Pada Platform Artificial Intelligence (AI)” Diakses dari https://guruinovatif.id/artikel/aktualisasi-pengamalan-nilai-pancasila-melalui- pembelajaran-digital-pada-platform-artificial-intelligence-ai?username=harinugraha

Sari, M.N., (2021). Shaping Young Learner’s Character Through Teacher Questioning in English Classrom Activities. Pendekar: Jurnal Pendidikan Karakter. 4(1): 14-19

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. (2023). Penggunaan ChatGPT untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal Petisi, 49 – 58

Tjahyanti, L.P.A.S., Saputra, P.S., & Gitakarma, M.S. (2022). Peran Artificial Intellegence Dalam Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komputer dan Teknologi Sains (KOMTEKS). 1(1): 15-21

Uno, H.B., & Mohammad, N. (2022). Belajar Dengan Pendekatan Pailkem: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Bumi Aksara.

Zimmerman, B. J., And Schunk, D. H. (2011). Handbook Of Self-Regulation Of Learning And Performance. New York, Ny: Routledge.

Downloads

Published

2023-11-20