IMPLEMENTASI AI SEBAGAI PENDUKUNG DALAM PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL

Authors

  • Hendro D. Rante Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Oneselmus P. Irvine Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Kecerdasan Buatan, AI, pembelajaran digital, digitalpendidikan

Abstract

Pendidikan telah mengalami transformasi signifikan seiring dengan perkembangan teknologi di era digital. Salah satu inovasi yang menonjol adalah pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) dalam konteks pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi dan menganalisis implementasi AI sebagai pendukung dalam pembelajaran di era digital. Studi ini menguraikan berbagai aplikasi AI dalam pendidikan, mulai dari personalisasi pembelajaran, analisis data, hingga chatbot pendidikan yang responsif. Kami juga mengeksplorasi dampak positif yang dihasilkan oleh integrasi AI dalam proses pembelajaran, seperti peningkatan efisiensi, keterlibatan siswa, dan adaptabilitas kurikulum. Melalui penelitian ini, kami mengharapkan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana AI dapat meningkatkan pembelajaran di era digital. Selain itu, penelitian ini memberikan pandangan terhadap tantangan dan peluang yang harus diatasi dalam mengintegrasikan teknologi AI secara efektif dalam dunia pendidikan. Dengan berbagi hasil penelitian ini, kami berharap dapat memotivasi para pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan untuk memanfaatkan potensi AI dalam menghadirkan pengalaman pembelajaran yang lebih baik dan relevan di era digital yang terus berkembang.

References

Agama, I., Negeri, I., & Intellegence, A. (2020). Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. 4(2).

Pakpahan, R., Studi, P., Informasi, S., Informasi, F. T., Bina, U., & Informatika, S. (2021). ANALISA PENGARUH IMPLEMENTASI ARTIFICIAL. 5(2), 506–513. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.616

Pendidikan, N., & Pembelajaran, M. (2022). PROSIDING SEMINAR NASIONAL BATCH 1 PROSIDING SEMINAR NASIONAL BATCH 1 Nasib Pendidikan Karakter di Masa Pembelajaran Daring dalam. 158–166.

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895

Putu, L., Sri, A., Saputra, P. S., Gitakarma, M. S., Informasi, T., Teknik, F., Sakti, U. P., Rekayasa, T., Elektronika, S., Ganesha, U. P., & Korespondensi, P. (2022). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 THE ROLE OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) TO SUPPORT LEARNING. 1(1), 15–21.

Rahadiantino, L., Fahmi, A., & Aparamarta, H. W. (2022). Implementasi Pembelajaran Artificial Intelligence Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kota Batu , Malang , Jawa Timur. 6, 92–101.

Sofyan. (2022). Respon MasyarakatTerhadap Pelaksanaan Pendidikan Alternatif Berbasis Teknologi Digital Oleh Komunitas Ruang Abstrak Literasi. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 4, 356–368. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8038

Yayasan, P., & Menulis, K. (n.d.). No Title.

??????, ?. (2008). No Title????????? ?? ???????.

Downloads

Published

2023-11-20