PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 3 TIKALA
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2278Keywords:
Problematika, Implementasi, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika implementasi kurikulum merdeka di SDN 3 Tikala. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat digunakan sebagai acuan bagi guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dimana dalam mengumpulkan data di lokasi penelitian, peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah wali kelas IV, dan siswa kelas IV di SDN 3 Tikala. Hasil penelitian yang diperoleh tentang problematika implementasi kurikulum merdeka di SDN 3 Tikala yaitu guru mengalami kendala dalam menerapkan kurikulum merdeka. Kendala-kendala yang dialami guru yaitu: tidak memiliki pengalaman dengan kurikulum merdeka belajar, keterbatasan referensi, akses yang dimiliki dalam pembelajaran, manajemen waktu, dan kompetensi yang belum memadai.
References
Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.
Gobel, C. Y., & Djafar, A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Ipa Untuk Kelas Viii Di Sekolah Smp Negeri 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo Berbasis Android. Jurnal Informatika Upgris, 5(1).
Hakpantria, H., & Trivena, T. (2019). Pembelajaran online mahasiswa pgsd di tengah pandemi covid-19. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(3), 47-52.
Mabsutsah, N., & Yushardi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 205-213.
Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.
Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1313-1322.
Santosa, M. H. (n.d.). Freedom to Learn/Merdeka Belajar (Part 2/5: New Paradigm in Language Teaching and 21st Century Skills.
Saparwati, 2015Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Kabanga, T., & Payung, Z. (2022). Analisis Kebutuhan Laboratorium PGSD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1711-1714.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Research and Development Journal of Education, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718