PENERAPAN TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2276Keywords:
Teori Bruner, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui teori Bruner dengan tahapan (1) Tahap Enaktif (2) Tahap Ikonik (3) Tahap Simbolik. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V UPT SDN 6 Gandangbatu Sillanan yang terdiri dari 9 peserta didik laki-laki dan 19 perempuan. Objek penelitian adalah seluruh proses dan hasil pengelolaan konsep teori Bruner. Lembar observasi pelaksanaan kegiatan mengajar guru dan hasil belajar peserta didik, tes, wawancara dan dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 sesi ialah perencanaan, aksi, observasi serta refleksi. Data yang terkumpul dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga area, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan pokok dan kegiatan penutup. Tahapan implementasi teori Bruner diterapkan pada kegiatan inti. Pada kegiatan inti pada tahap enaktif dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran konkrit atau nyata yang mudah dipahami siswa dan memberikan penjelasan mengenai nilai pecahan yang ditunjukkan oleh benda konkrit tersebut. Tahap ikonik dilakukan dengan menggunakan gambar benda konkrit dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyebutkan nilai dari gambar benda konkrit. Tahap Simbolik dilakukan dengan memberikan penjelasan cara penulisan nilai pecahan dan cara melakukan operasi hitung pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori Bruner dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil tes formatif setiap akhir siklus, ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 35,70% dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II sebesar 82,14%.
References
N. M. Tyas, “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang,” 2016.
Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.
E. D. Nugrahwidi, S. C. Relmasira, And A. T. A. Hardini, “Upaya Peningkatan Penguasaan Konsep Geometri Matematika Berdasarkan Teori Belajar Bruner Pada Peserta didik Kelas Iv Sd,” Jtam (Jurnal Teor. Dan Apl. Mat., Vol. 3, No. 2, Pp. 105–113, 2019.
E. Fauziati, “Implikasi Teori Belajar Bruner Dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013,” Vol. 3, No. 2, Pp. 128–136, 2021.
Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.
Nissa, I. C. (2022). Edukasi Integrasi HOTS dalam Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Guru SD Program PPG. Indonesian Journal Of Community Service, 2(4), 341-349.
Pratama, M. P. (2022). Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 2(1), 76-82.
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.
Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.
S. Sundari And E. Fauziati, “Implikasi Teori Belajar Bruner Dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013,” J. Papeda J. Publ. Pendidik. Dasar, Vol. 3, No. 2, Pp. 128–136, 2021.
S. Kelas And V. M. I. N. Bandar, “Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Audiotory, Visual, Intelektual (Savi) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas V Min 9 Bandar Lampung,” Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, 2018.