STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 3 RANTEPAO KELAS IV KABUPATEN TORAJA UTARA

Penulis

  • Hendrik Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Roberto Salu Situru Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Hakpantria Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2275

Kata Kunci:

Strategi, Guru, Kurikulum Merdeka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di SDN 3 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SDN 3 Rantepao, Analisis data meliputi pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan. Dari hasil penelitian mengenai Strategi Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di SDN 3 Rantepao, ada beberapa strategi yang digunakan Guru yaitu Menganalisis capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran, Perencanaan dan pelaksanaan asesmen diagnostik, Mengembangkan modul ajar, Evaluasi pembelajaran dan asesmen, menerapkan mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi.

Referensi

Moh.Asrori. (2008). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Mufarokah, A. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.

Nurhasanah, S. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta Timur: Edu Pustaka.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Syaiful Bahri Djamarah, A. Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta.

Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan kekurangan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah dalam perspektif historis. 111–117.

Dasar, S., Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Jurnal basicedu. 6(5), 8812–8818.

Dewi, A. E. R. (2022). Indonesian Journal of Learning Education and Counseling. 5(1), 81–89.

Di, T., & Pandemi, M. (2020). Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “ Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar ” Gorontalo, 14 Juli 2020 ISBN: xxxxxxxxxxx. 68–74.

Didik, P. (2017). PERAN GURU SEBAGAI PEMBELAJAR DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK USIA SD Faulina Sundari. April, 144–146.

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

Hattarina, S., & Marga, U. P. (2022). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. 1, 181–192.

Hakpantria, H., & Trivena, T. (2019). Pembelajaran online mahasiswa pgsd di tengah pandemi covid-19. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(3), 47-52.

Indonesia, D., Negara, P. K., & Kewarganegaraan, P. (2020). No Title. 63–82.

Jannah, F., Fatimattus, P., & Zahra, A. (2022). Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar 2022. 4(2), 55–65.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Noor, A., Prodi, I., Nim, T., Maunah, B., & Implementasi, I. K. (1984). Implementasi Kurikulum.

Nurindah, L., Fitriana, L., Ahid, N., & Prasetiyo, G. E. (2022). JOTE Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 1505-1511 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Kebijakan Pokok dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. 4, 1505–1511.

Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.

Nissa, I. C. (2022). Edukasi Integrasi HOTS dalam Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Guru SD Program PPG. Indonesian Journal Of Community Service, 2(4), 341-349.

Pratama, M. P. (2022). Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 2(1), 76-82.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Sekolah, P., & Madrasah, D. (2022). Vol. 1 no. 1 juni 2022. 1(1), 67–72.

P. (2020). 01:04 Sumber:https://www.perantiguru.com/2020/03/tugas-dan-peran-guru.htmlPenulis:Peranti Guru

Pd. Sri Astuti M. 2018. Landasan Pengembangan Kurikulum. Bandung:Rafa Production

Diterbitkan

2023-11-03