PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS V UPT SDN 3 SALUPUTTI

Authors

  • Weryanti Laen Langi’ Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Sefrin S. Tangkearung Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Milka Lai’ Bamba Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2273

Keywords:

Kartu Kata Bergambar, Keterampilan Menulis Deskripsi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V UPT SDN 3 Saluputti  menggunakannmedia kartu kata bergambar. Penelitianniniibersifat daur ulang atau siklus, yaitu: perencanaan, observasi tindakan, dan refleksi. Data penelitian terdiri dari data aktivitas siswa yang berkaitan dengan kemampuan menulis deskriptif. Rata-rata skor siklus I sebesar 69,16 dengan tingkat ketuntasan sebesar 61,11%. Rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 88,05 pada siklus II dengan ketuntasan 88,88%. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis deskripsi telah mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Data didapat melalui Tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Kesimpulannya adalah penggunaan media seperti kartu kata grafis dapat meningkatkan deskripsi.

References

Magdalena, & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 243–252.

Ilham Muhammad, (2020). Keterampilan Menulis: Pengantar KeterampilanBerbahasa (Trinstan Rokhmawan (ed.)).

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

Lembaga Academic & Research Institute Perum Sekar Indah II.

Inggriyani, F., & Anisa Pebrianti, N. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 1–22. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.175

Hakpantria, H., Shilfani, S., & Tulaktondok, L. (2022). Identifikasi Pendidikan Karakter Pada Era New Normal Berbasis Nilai Filosofi Tongkonan di SDN 2 Rantepao. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 340-347.

Hasan, (2021). Media Pembelajaran. Klaten Jawa Tenga: (M. P. Dr. Fatma sukmawati (ed.).

Pakaya, (2020). Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Mahasiswa Melalui Strategi Permainan Kata (Kartu Kata) Bitoqul Kalimah di Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Insan Cita Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 27–36.

Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Waluyo, (2020). Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Belitang Kabupaten Oku Timur. Jurnal Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 57–63.

Pratama, M. P. (2022). Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 2(1), 76-82.

Langi, W. L., Hakpantria, H., & Lolotandung, R. (2021). Identifikasi Hambatan Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10(3), 1-6.

Yosmelia, (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Berbentuk Jendela Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Lubuk Begalung Padang. 01.

Downloads

Published

2023-11-03