PERAN KULTUR SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA UPT SDN 18 MENGKENDEK

Penulis

  • Lutma Ranta A. Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Mersilina L. Patintingan Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Nurmiati Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2272

Kata Kunci:

Peran Kultur Sekolah, Disiplin, Karakter

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kultur sekolah dalam membentuk kedisiplinan siswa UPT SDN 18 Mengkendek. Penelitian ini termasuk dalampenelitian deskriptif, karena penelitian ini hanya menggambarkan peran kultur sekolah dalam membentuk kedisiplinan siswa. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kultur sekolah berperan penting dalam membentuk kedisiplinan siswa. Adapun kultur sekolah yang diterapkan di UPT SDN 18 Mengkendek dalam pembentukan karakter disiplin yaitu budaya 5S, peduli lingkungan, budaya antri, kegiatan pembiasaan awal dan akhir, menetapkan kegiatan rutin, tata tertib sekolah dan ekstrakurikuler.

Referensi

Alfansyur, A., Hawi, A., Annur, S., Afgani, W., & Maryamah, M. (2021). Peran Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Kelas X MAN 3 Kota Palembang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 126–131.

Beti Istanti Suwandayani Dan Nafi Isbadrianingtyas, 2017. Peran Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Dasar.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Jurnal Foundasia, 11(2).

Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Krakter di SD Negeri 19 Ambon. PEDAGOGIKA:Jurnal pedagogika dan dinamika pendidikan, 8(1) ,11-23.

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa

Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173.

Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. 2(1), 36–42.

Suwandayani, B.I dan Nafi, I. (2017). Peran Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Dasar. Prosiding Senasgabud (Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan). 1, (1). 34-41.

Sukadari, S. (2020). Peranan Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1(1), 75–86

Supardi. (2015). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafinda Persada

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Tulus Tu’u. 2019. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Penerbit : Grasindo

Widyaningrum, R. (2016). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Melalui Sekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 11(1), 108–115.

Diterbitkan

2023-11-03