PENERAPAN STRATEGI DIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KAMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SDN 18 MENGKENDEK

Penulis

  • Hakpantria Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Novalia Sulastri Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Defani Momba Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2271

Kata Kunci:

Strategi Diferensiasi, Kemampuan Kognitif, Pembelajaran IPAS

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi diferensiasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV UPT SDN 18 Mengkendek. Jenis penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Dalam kegiatan ini pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan strategi diferensiasi.  Data penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa dan tes evaluasi siswa dalam pembelajaran IPAS. Subjek penelitian ini adalah siswa klas IV UPT SDN 18 Mengkendek dengan jumlah 18 orang yang terdiri dari 9 perempuan dan 9 laki – laki. Kesimpulan  penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus dan setiap siklus sebanyak empat kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif pada setiap siklusnya. Dengan demikian dapat di nyatakan bahwa data pada siklus I  yang menunjukkan jumlah siswa yang tuntas adalah  7 atau 38,89% siswa  dan yang tidak tuntas sebesar 11 atau 61,11% sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 16 atau 89%  siswa dan yang tidak tuntas  sebesar 2 atau 11 % siswa.terjadi peeningkatan 89%. Hal ini terbukti bahwa ketuntasan belajar siklus I dan siklus II  mengalami peningkatan mendapat nilai di atas 70 (KKM) dari jumlah yang telah ditetapkan. Oleh karena itu dinyatakan berhasil sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi diferensiasi dapat meeningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pembeelajaran IPAS kelas IV UPT SDN 18 Mengkendek.

Referensi

Alhamuddin. (2019). politik kebijakan pengembangan kurikulum di indonesia sejak zaman kemerdekaan hingga reformasi. jakarta : prenadamedia grup.

Ali, S. (2014). kurikulum dam pembelajaran. Bandung: Upi Press.

Arikunto, Suharsimi, & dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: PT Bumi Askara.

Faiz, A., Pratama , A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensi dalam Program guru penggerak pada modul 2.1. jurnal Basicedu, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

Hakpantria, H., Trivena, T., Patintingan, M. L., & Lolotandung, R. (2022, November). Implementation Of Short Worship In Building Fifth Grade Student’s Religious Character. In Proceeding International Conference on Innovation in Science, Education, Health and Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 47-52).

Hakpantria, Patintingan, M. L., & Saputra, N. (2022). Budaya Longko As a Character Building of Student Speech. Lakhomi Journal Scientific Journal of Culture, 3(2), 84-88.

Marisyah, A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Marlina . (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensi DIsekolah Inklusif .

Puspitasari, V., Rufi'i, & Adi, W. D. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk pembelajaran Bipa dikelas yang memiliki Kemampuan Beragam. Educaton and Development .

Samatowa, U. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA disekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Ketenagaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan.

Subhan, (. (n.d.). peningkatan kompetensi guru menerapkan pembelajaran berdiferensi untuk mewujudkan merdeka belajar melalui lokakarya.

Tomlinson, C. (2001). How to Differetiate instruction in mixedadility cassrooms. association for supervision and curiculum development.

Education, J. (2020). MODEL DIFERENSIASI MENGGUNAKAN BOOK CREATOR UNTUK. 8(4), 310–319.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Jurnal basicedu. 6(2), 2846–2853.

Firdaus, F. M. (2018). KEMAMPUAN PROSES KOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR Mosharafa?: Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa?: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(September), 445–454.

Naibaho. Dwi Putriana. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.

Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. 4(2), 139–148.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Diterbitkan

2023-11-03