PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SDN 5 TIKALA

Authors

  • Reni Lolotandung Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Roberto Salu Situru Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Herin Dwianti Tandisalla Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2270

Keywords:

Keterampilan Membaca Permulaan

Abstract

Membaca permulaan adalah membaca yang dilaksanakan di kelas I dan II, dimulai dengan membaca huruf, kata dan kalimat sederhana, dan menitiberatkan pada aspek ketetapan menyuarakan tulisan, sehingga siswa dapat membaca wacana dengan lancar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media kartu kata power point bagi siswa kelas II di SDN 5 Tikala.Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian kualitatif. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dan setiap siklus tediri dari empat kali pertemuan .Penelitian ini difokuskan pada peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II.Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 5 Tikala yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 13 perempuan dan 15 laki-laki. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode antara lain: observasi, wawancara, dokumentasi, lembar instrument ,dan tes. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan rubrik untuk mengukur kemampuan siswa diperoleh hasil pada siklus I nilai rata-rata 59,82% kategori cukup. Sebanyak 8 siswa atau 28,57% yang dinyatakan memiliki keterampilan membaca permulaan sehingga masih tergolong rendah. Sedangkan hasil pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 23 siswa atau  82,14% kategori  tinggi dengan rata-rata 75. Dengan demikian, menggunakan model problem based learning kata merupakan salah satu alternatif berbantuan media kartu kata power point  dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa.

References

Ali Muhson. (2009). Problem based learning . Diktat: Universitas Negeri Yogyakarta

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA?: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i 2.6702.

Duch (1995) dalam Aris Shoimin (2014:130) Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta, 100.

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

Hakpantria, H., Trivena, T., Patintingan, M. L., & Lolotandung, R. (2022, November). Implementation Of Short Worship In Building Fifth Grade Student’s Religious Character. In Proceeding International Conference on Innovation in Science, Education, Health and Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 47-52).

Halimah, A. (2014). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di SD/MI. AULADUNA: Jurnal pendidikan Dasar Islam, 1(2), 190- 200. alauddin.ac.id/index.php/auladuna/ article/view/550/551

Kemmis dan MC.Taggaert(Muslich, 2010:09) Iii, B. A. B., Penelitian, P., & Kelas, T. (2009). Muhammad Asep Saefulloh, 2015 Upaya Optimalisasi sarana dan prasarana sekolah dalam meningkatkan waktu aktif belajar siswa Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.

Lolotandung Reni, Eky Setiawan , and Salo "Meningkatkan Minat Baca dengan Media Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas III SDN 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara." Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2.2 (2019): 9-17.

Nyalim Purwanto 2011:25) Metodologi Pengajaran Bahasa Inonesia.Jakarta:PT Rosda Jayaputra.

Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Royadi (2016)Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02), 212–224 https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.2 78

Downloads

Published

2023-11-03