ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM LAGU INDONESIA RAYA DI KELAS V SDN 2 SANGGALANGI’

Authors

  • Mersilina L. Patintingan Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Lutma Ranta A. Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Laorensia Sulo Matipa Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2269

Keywords:

Karakter, Cinta Tanah Air, Indonesia Raya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang nilai karakter cinta tanah air dalam lagu Indonesia Raya di kelas V SDN 2 Sanggalangi’. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan dikelas V SDN 2 Sanggalangi kabupaten Toraja Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa beberapa peserta didik kelas V SDN 2 Sanggalangi’ sudah memahami nilai karakter cinta tanah air dalam lagu Indonesia Raya dapat dilihat dari sikap siswa yang sangat antusias saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mengikuti upacara bendera dan mengucapkan pancasila, memasang foto pahlawan di dalam ruang kelas, dan ikut serta dalam mengikuti kegiatan hari besar Nasional.

References

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

Hakpantria, Patintingan, M. L., & Saputra, N. (2022). Budaya Longko As a Character Building of Student Speech. Lakhomi Journal Scientific Journal of Culture, 3(2), 84-88.

Hakpantria, H., Langi, W. L., & Pabane, A. W. (2021). Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Mutu Pendidikan Di SDN 6 Kesu’. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 7-20.

Mintargo. (2012). Kontinuitas dan Perubahan Makna Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kawistara, 225-326.

Moleong,L,J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurul Annisa,dkk. (2020). Singing Indonesia Raya As Shaping Of Implamentation Of The Reinforcement Of Educational Character. EJOES, 2.

Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati,E. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT. Citra Aja.

Winkel,W.S. (2017). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Wisnarni. (2018). Menumbuhkembangkan karakter cinta tanah air Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kebiasaan Pada SDN NO 119/III Kota Majidin Hilir. Jurnal Tarwaba.

Downloads

Published

2023-11-03