ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Kurikulum merdeka, sekolah dasarAbstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang diterapkan sejak tahun 2022. Kurikulum merdeka pada dasarnya pengembangan dari kurikulum 2013 yang bertujuan untuk mengembangkan karakter dan moral siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka yang diterapkan oleh guru di sekolah dasar. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Perencanaan implementasi kurikulum merdeka di UPT SDN 6 Mengkendek pada seluruh tahapan implementasi kurikulum merdeka dapat dilaksanakan dengan baik namun dalam perencanaan tersebut beberapa kendala ditemui terutama dalam pengembangan modul ajar, guru menemui kendala dari segi keterbatasan bahan referensi, kurangnya pemahaman guru itu sendiri tentang kurikulum merdeka, dan penyesuaikan modul ajar dengan karakter peserta didik. Dalam pelaksanan tes formatif dan sumatif belum berjalan maksimal karena harus disesuaikan dengan kemampuan awal siswa. Sarana dan prasarana penunjang yang belum mencukupi juga menjadi kendala besar dalam proses belajar mengajar di UPT SDN 6 Mengkendek.
References
Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan KI Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan pendidikan karakter.
Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya,2013.
Chasanatin, Haiatin. Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara,2016 Dudung. (2022). Dampak
Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.
Implementasi kurikulum merdeka belajar https://joglojateng.com/2022/09/02/mewujudkan.profil-pelajar-pancasila-melalui-
implementasi-kurikulum-merdeka/?amp
Husein,M.Bin. (2020). Kesulitan Belajar Dalam Pada Siswa Sekolah Dasar:Studi kasus di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta. Jurnal Cabaya Pendidikan,6(1),56-67.
Majid, Abdul. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013.
Bandung:PT.Remaja Rosda Karya, 2015.
Malik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta:Bumi Aksara,1995.
Mulyasa, E. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013.Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2014.
Mutaqin, Imam, dan Erni Wijayanti. 2019. Problemtika Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran tematik Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Jogoroto. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2).
Nasution, Suri Wahyuni. 2021. Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Pendidikan Dasar, 1(1).
Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.
Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.
Rahmadayanti, Dewi, dan Agung Hartoyo. 2022. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4).
Revina,S. (2019).Alasan Guru Indonesia Belum Wujudkan Merdeka Belajar Untuk Siswa.Laman Kumparansains. https:/ /kumparan.com /kumparansains / alasan- guru-indonesia-belum-wujudkan-merdeka-belajar-untuk-siswa-1Sl8jFmwYAY / full
Riset, dan teknologi. 2021. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Riset, Kebudayaan, dan Teknologi.
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar : Kajian Literatur.
UrbanGreen Proceeding: Konferensi Nasional Pendidikan Suyanto. (2020). Implikasi Kebijakan Merdeka Belajar
Syafi i, Fahrian Firdaus. 2021. Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Wibowo, I. .S., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar,3(2), 181-202.https:/ /doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126- 136.https:/ /doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121