PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS III UPT SDN 4 MAKALE

Authors

  • Trivena Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Vonnisye Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Irmawati Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2266

Keywords:

Media Pembelajaran Video, Minat Belajar

Abstract

Penggunaan media pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan minat belajar karena media pembelajaran sangat mendukung untuk menarik perhatian siswa dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan media Video. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus  melibatkan komponen inti seperti perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil angket minat belajar siswa pada siklus I dengan jumlah seluruh siswa kelas III adalah 21 dengan ketuntasan 42,85% siswa yang masuk dalam kategori minat tinggi dengan rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 63,33 dan meningkat pada siklus II dengan ketuntasan 90,47% siswa yang masuk dalam kategori minat tinggi dengan rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 74,76%.

References

A.A Musyaffa dkk. (2020). Kapita Selekta Pendidikan dari Makna Sampai Analisis. Bandung: CV Oman Publishing.

Abdullah Ma'ruf. 2015. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Abdul, Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Aditama., Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

AH Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara.

Ali, M & Asrori, M. (2012). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Alfaerdanta, D.K, dan Wati, Ernatia. 2016. Sumber Daya Air di Indonesia. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Armstrong AW, Harskamp CT, Armstrong EJ (2013). Psoriasis and metabolic syndrome: A systematic review and meta-analysis of observational studies. J Am Acad Dermatol., 68(4):654-662.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Depok:PT Rajafindo Persada

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Joenaidy, Abdul Muis. 2019. Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 40. Yogyakarta: Laksana.

Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Komari, Noor Pratiwi. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2.

Muhibbin Syah, 2003. Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

Mutia, Rita; Adlim; dan A.Alim. “Pengembangan Video Pembelajaran IPA pada Materi Pencemaran dan Kerusakan

Lingkungan”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2).

Santrock, John W. 2012. A Topical Approach to Life-Span Development (Sixth Edition). USA: McGraw Hill International Edition.

Setiawati, Wiwik, Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Kependidikan dan Kebudayaan, 2018.

Sobur.M.Si, D. (2013). Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha ilmu,

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakary

Sukardi & Sti Andriani W. 2013. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan81 Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol. 1 No. 1, April 2013. ISSN: 2337:8166

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D), Bandung: Alfabeta, 2015.

Sumanto, (2014), Teori dan Aplikasi Metode Penelitian, Jogjakarta: CAPS

Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi Bandung: CV Pustaka Setia. hlm. 14

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trivena, T., Hakpantria, H., & Lolotandung, R. (2022). Technological Knowledge (TK) of Elementary School Teacher Education Program Students in Elementary Science Learning. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 2175-2181.

Uno, H. B. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, Wahyu. (2001). Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2023-11-03