ANALISIS STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV DI SDN 3 MAKALE

Authors

  • Tadius Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Hakpantria Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Risensya Tande Russa Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2265

Keywords:

KMB, Strategi Pembelajaran, Guru

Abstract

Kurikulum merdeka sebagai kurikulum baru, memiliki tujuan utama yaitu untuk menghasilkan lulusan peserta didik dengan profil pancasila. Profil pancasila sendiri memiliki 5 karakter yang perlu ditanamkan dalam diri siswa yaitu: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, gotong royong, kemandirian, berkebhinekaan, dan bernalar kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek 2 orang guru penggerak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: Strategi yang gunakan guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada kelas IV harus disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada kelas IV yaitu strategi mengatur kegiatan pendahuluan, kegiatan penyampaian informasi, pengelolaan kelas, penggunaan media pembelajaran dan strategi mengatur kegiatan penutup. Strategi ini dimaksudkan sebagai langkah untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam kurikulum merdeka belajar.

References

P. K. Merdeka, D. Rahmadayanti, and A. Hartoyo, “Jurnal basicedu,” vol. 6, no. 4, pp. 7174–7187, 2022.

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

D. K. Ainia, “‘Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter,’” J. Filsafat Indones., vol. 3, no. 3, pp. 95–101, 2020.

Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

P. Kelas, X. I. I. Di, S. M. K. Kristen, and K. Tahun, “149-202-1-Sm,” pp. 177–183, 2014.

R. Rahim, Sa’odah, S. S. N. Tiring, Asman, and Futruya Lina Arifah, Metode Penelitian (Teori dan Praktik). Cipedes Tasikmalaya: PRCI, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.

dkk Hardani, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020.

S. Siyoto and A. Sodik, Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

N. Armi, “Analisis Kesulitan Guru dalam Pengelolahan Kelas Inklusif di PAUD Lentera Hati Islamic Boarding School Jempong Baru Mataram.” Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, 2019.

F. Fatimah and R. D. Kartikasari, “Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa,” Pena Literasi, vol. 1, no. 2, p. 108, 2018, doi: 10.24853/pl.1.2.108-113.

C. A. Budiningsih, “Strategi Menggunakan Media Pengajaran,” Cakrawala Pendidik., vol. 1, no. XIV, pp. 65–76, 1995.

Hakpantria, Patintingan, M. L., & Saputra, N. (2022). Budaya Longko As a Character Building of Student Speech. Lakhomi Journal Scientific Journal of Culture, 3(2), 84-88.

B. Warsita, “Strategi Pembelajaran Dan Implikasinya Pada Peningkatan Efektivitas Pembelajaran,” J. Teknodik, vol. XIII, no. 1, pp. 064–076, 2018, doi: 10.32550/teknodik.v13i1.440.

Downloads

Published

2023-11-03