IDENTIFIKASI STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI PMBELAJARAN PKN DI KELAS IV UPT SDN 18 MENGKENDEK
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2263Keywords:
Strategi Guru, Pendidikan Multikultural, Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menerapkan pendidikan multikultural melalui pembelajaran PKn di Kelas IV UPT SDN 18 Mengkendek. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa yang terkait. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah analisis data: strategi yang digunakan guru dalam menerapkan pendidikan multikultural melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) adalah mengintegrasikan konten multikultural, menggunakan metode pengajaran yang inklusif, menciptakan lingkungan kelas yang inklusif,dan melibatkan orang tua atau komunitas.
References
Adha, Mona & Yanzi, Hermi (2013). Model Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural dalam Rangka Menanamkan Nilai-Nilai HAM Dan Demokrasi. Media Komunikasi FIS, "Vol 12:1”.
Ainul Yaqin, M (2005). Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta:Pilar Media.
A, Muri Yusuf (2013). Metode Peneltian Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian Gabungan (Pertama). Jakarta: Rineka Cipta.
Baidhawi, Zakiyuddin (2005). Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta:Erlangga.
Dawam, A. (2003). Emoh Sekolah. Yogyakarta: Inspeal Ahimsa Karya Press.
E, Mulyasa (2010), Menjadi Guru Profesional, Cet ke-9 (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.
James A. Banks. (2015), "cultural Diversity and Education: Foundations, Curriculu, and teaching.
Madya Ekosusilo dan Kasihadi, Dasar-Dasar Pendidikan. (Semarang: Effhar Publishing, 1990).hlm.12
Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.
Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.
Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.
Sugiyono,(2017). metode penelitian pendidikan pendekatan kuatitatif, kualitatif, dan R&D. alfabeta cv.
Sugiyono,(2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D,penerbit Alfabeta,Bandung
Suparlan Parsudi, (2002). Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural. Jakarta: Gramedia.
Supriyadi. (2001). Konseling Lintas Budaya: Isu-isu dan Relevansi di Indonesia. Bandung:UPI.
Syaiful Bahri Djammarah (2000). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Zubaidi. (2004). Telaah Konsep Multikulturalisme dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Hermina, Vol.3 no.1.p.77.