ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI KELAS IV SD KRISTEN MALANGO’ TAGARI

Authors

  • Reni Lolotandung Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Hendrik Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Veronika Mellolo Pasang Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2261

Keywords:

Problematika, Guru, Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di kelas IV SD Kristen Malango’ Tagari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra-lapangan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, tahap akhir penelitian. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan peneliti yaitu dengan guru kelas dan kepala sekolah tentang problematika guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di kelas IV SD Kristen Malango’ Tagari. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka di kelas IV adalah guru kesulitan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.

References

Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety

Darlis, A., Sinaga, A. I., Perkasyah, M. F., Sersanawawi, L., & Rahmah, I. (2022). Pendidikan Berbasis Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 393–401. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/14101.

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

Hakpantria, H., Langi, W. L., & Pabane, A. W. (2021). Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Mutu Pendidikan Di SDN 6 Kesu’. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 7-20.

Idhartono, A. R. (2022). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 91–96.

Ismail, I. (2019). Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Jannah, F., Irtifa, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.

Jaya, F. (2019). Buku Perencanaan Pembelajaran-full.pdf. In 2019 (p. 152). http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8483

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Meisin, M., Zulaiha, S., & Meldina, T. (2022). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Kelas I dan IV di Sdn 17 Rejang Lebong. http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1923%0Ahttp://e-theses.iaincurup.ac.id/1923/1/Meisin%281%29.pdf

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Rahayu, Rosita, Rahayuningsih, H. H. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Rahayu, W. I., Najiah, M., & Nulhakim, L. (2022). Komponen Dan Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715.

Sukmawati, H. (2021). Komponen-komponen kurikulum dalam sistem pembelajaran. Ash-Shahabah?: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(1), 64–65.

Wahyuni, R., & Berliani, T. (2019). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(2), 63–68. https://doi.org/10.17977/um025v3i220

Downloads

Published

2023-11-03