ANALISIS FAKTOR PENYEBAB SISWA KURANG AKTIF DALAM PEMBELAJARAN KELAS IV SD NEGERI 06 SESEAN

Authors

  • Eky Setiawan Salo Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2260

Keywords:

keaktivan belajar, penyebab siswa kurang aktif

Abstract

Kurangnya keaktifan siswa dalam belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor yang paling sering ditemukan yaitu faktor yang berasa dari luar diri siswa (faktor internal) dan faktor yang berasal dari luar diri siswa (faktor eksternal). Faktor internal penyebab siswa kurang aktif dalam pembelajaran yaitu kesehatan, minat belajar siswa, motivasi,bakat serta kemampuan siswa, sedangkan faktor eksternal yaitu keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan sekitar kemudian bagaimana cara guru dalam mengatasi siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor penyebab siswa kurang aktif dalam pembelajaran dengan menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif.

References

Anggoro Toha, M. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Djaali. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. CV Wacana Prima. Bandung

Dimyati. (2009). Penggunaan metode yang efektif dalam pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Eko, Prastyo. (2010). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Multimedia Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Chassis Dan Pemindah Tenaga Kelas Kelas XI TMO B SMKN 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

Hakpantria, Patintingan, M. L., & Saputra, N. (2022). Budaya Longko As a Character Building of Student Speech. Lakhomi Journal Scientific Journal of Culture, 3(2), 84-88.

Hollingsworth, Pat &Gina Lewis. (2008). Pembelajaran Aktif Meningkatkan Kegiatan di Kelas. Jakarta: Indeks

Huda, Niamul. (2020). Penerapan metode tanya jawab sebagai upaya peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas V. Jurnal El-Barqie. Jurnal MA Darussalam,1(1), 145-149.

Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatitif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Skolikhah, Amalia, Ria. (2014). Meningkatakn keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode tanya jawab kelas V SD Negeri 1 Sedayu. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Yogyakarta, 2014.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-11-03