IDENTIFIKASI KESULITAN YANG DIHADAPI GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDN 4 MAKALE UTARA

Authors

  • Susanna Vonny N. Rante Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Novalia Sulastri Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Yakobus Karenda Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2259

Keywords:

Peran guru, kesulitan yang dihadapi, kurikulum merdeka belajar

Abstract

Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV yang melaksanakan kurikulum merdeka belajar, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar dan mengetahui kesulitan yang dihadapi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SDN 4 Makale Utara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kesulitan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SDN 4 Makale Utara yaitu yang pertama dalam Perencanaan pembelajaran dimana dalam pembuatan modul ajar harus merumuskan tujuan pembelajaran untuk satu tahun kedepan, yang kedua dalam pelaksanaan pembelajaran karna dalam pembelajaran ada perbedaan-perbedaan dalam pencapaian pada siswa sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai, dan yang terakhir adalah dalam evaluasi atau penilaian karna dalam pencapaian tujuan pembelajaran harus beberapa kali mengadakan remedial dengan cara yang berbeda- beda karna belum mencapai tujuan pembelajaran.

References

A. A. Oksari, L. Nurhayati, D. Susanty, G. A. Paramita, And K. Wardhani, “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ( Mbkm ) Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa,” Vol. 5, No. 1, Pp. 78–85, 2022.

Abdul, Majid. 2013. Pelaksanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Arikunto. (2016). dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

A. Zainal, Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung, 2014.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem Pendidikan Nasional

K. Di And S. D. N. Belo, “Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Menerapkan,” Vol. 2, No. 1, 2019.

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

Nadiem Anwar Makarim. (2022). dalam peluncuran Merdeka Belajar episode ke-

bertajuk "Rapor Pendidikan Indonesia". Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek).

Majid. Perencanaan pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014

Moh. Uzer Usman. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Moleong,L.J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. bandung:PT. Remaja Rosdakarya

M. Sholeh N. Maghfiroh, M. Pendidikan, F. Ilmu, P. Universitas, And N. Surabaya,

“Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era”.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Nurhikmah H, N. H., Gani, H., Pratama, M., & Wijaya, H. (2021). Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272-281.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Rahayu Restu. 2022 Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Universitas pendidikan Indonesia

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudarto, A. Hafid, And M. Amran, “Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar Di Sdn 24 Macanang Dalam Kaitannya Dengan Pembelajaran Ipa/Temaipa,” Semin. Nas. Has. Penelit. 2021, Vol. 1, No. 1, Pp. 406–417,

,

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. [Online]. Available: Https://Ojs.Unm.Ac.Id/Semnaslemlit/Article/View/25268

Downloads

Published

2023-11-03