Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer

Authors

  • Muh. Putra Pratama Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Quizizz, evaluasi pembelajaran, revolusi industri 4.0

Abstract

Dengan adanya penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa berpengaruh penggunaan Quizizz sebgaai media evaluasi pembelajaran untuk melihat keberhasilan pembelajaran pada mata kuliah dasar-dasar komputer diperlukan evaluasi pembelajaran secara daring melalui berbagai media online salah satunya yaitu Quizizz. Quizizz memiliki fitur yang memadai untuk dijadikan sebagai media evaluasi pembelajaran daring seperti kuis dan penilaian harian. Namun, kebanyakan orang hanya memanfaatkan Quizizz hanya sebagai game pembelajaran saja padahal melalui Quizizz dapat dilakukan berbagai macam evaluasi pembelajaran yang formal seperti kuis, penilaian harian, survei dan sebagainya. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bahwa Quizizz dapat dijadikan media evaluasi pembelajaran formal seperti ujian atau penilaian harian khususnya pada pelajaran matematika. Metode penelitian ini yaitu analisis kualitatif. Evaluasi pembelajaran dengan menggunakan quizizz membantu meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. Penggunaan quizizz dapat dilakukan oleh dosen pengampu matakuliah lain, guru dan mahasiswa yang akan melaksanakan PKM untuk mendukung revolusi industri 4.0. Hasil penelitian berdasarkan angket, pelaksanaan ujian atau penilaian harian dapat dilakukan melalui Quizizz dengan mengoptimalkan penggunaan fitur pada Quizizz. Evaluasi pembelajaran melalui Quizizz dapat memudahkan dosen dalam melakukan penilaian secara detail dan obyektif. Yang dilihat dari hasil persentase hampir 90% kelebihan dan 10% lainnya kelemahan dalam penggunaanya.

References

lamsari purba, leony sanga. (2019). Peningkatan konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.

No, S. D. N., Tujuan, K. T., No, S. D. N., Penelitian, K. T., Baik, S., Dari, S. B., Baik, S., Sekolah, P. T., No, S. D. N., Timur, K., & Kunci, K. (2022). Volume 02, (3), September 2022 http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas. 02(56), 989–1000.

Pratama, A. T., Nana, N., & Sulistyaningsih, D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Quizziz Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Fenomena Kuantum. EduFisika, 6(1), 34–40. https://doi.org/10.22437/edufisika.v6i1.10981

Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161

lamsari purba, leony sanga. (2019). Peningkatan konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.

No, S. D. N., Tujuan, K. T., No, S. D. N., Penelitian, K. T., Baik, S., Dari, S. B., Baik, S., Sekolah, P. T., No, S. D. N., Timur, K., & Kunci, K. (2022). Volume 02, (3), September 2022 http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas. 02(56), 989–1000.

Pratama, A. T., Nana, N., & Sulistyaningsih, D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Quizziz Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Fenomena Kuantum. EduFisika, 6(1), 34–40. https://doi.org/10.22437/edufisika.v6i1.10981

Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161

lamsari purba, leony sanga. (2019). Peningkatan konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.

No, S. D. N., Tujuan, K. T., No, S. D. N., Penelitian, K. T., Baik, S., Dari, S. B., Baik, S., Sekolah, P. T., No, S. D. N., Timur, K., & Kunci, K. (2022). Volume 02, (3), September 2022 http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas. 02(56), 989–1000.

Sampelolo, R., Abdullah, M., Lura, H., & Karuru, P. (2023). Digital ESP (English For Specific Purposes) Material Development CLIL (Content language integrating learning) Based. Journal of Namibian Studies: History Politics Culture, 34, 6746-6762.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Pratama, M. P., & Rini, S. Ervianti.(2022). ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER’S LANGUAGE STYLE IN. Indonesian Journal of Educational Technology, 1(02), 138-144.

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161

Downloads

Published

2023-11-12