Peran Literasi Digital Dalam Pembelajaran Online Mahasiswa Teknologi Pendidikan Uki Toraja

Authors

  • Ervianti Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Literasi digital, pembelajaran online

Abstract

Di era revolusi 4.0 kecanggihan teknologi semakin maju dan meningkat perkembangan teknologi informasi komunikasi yang berkembang pesat telah membawa perubahan yang cukup pesat bagi dunia pendidikan di indonesia generasi melenial yang semakin berkembang. Maka dari itu diperkenalkan literasi digital pembelajaran online dimana, literasi digital pembelajaran online akan membekali literasi digital kepada mahasiswa generasi milenial saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi diharapkan dapat mendorong terwujudnya generasi emas indonesia yang berdaya saing dan unggul di masa depan yang membawa tujuan, karena melihat perkembangan lierasi menjadi hal yang sangat penting dan menjadi kebutuhan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar, dari hasil penelitian yang dirasakan perguruan tinggi untuk mengakses sumber referensi melalui media digital. Dengan pemanfaatan pembelajaraan yang dikemas dalam media digital lebih diminati daripada media konvensional karena lebih menarik dan juga menghemat waktu, kebutuhan referensi mahasiswa untuk mencari, mengidentifikasi, mengakses, mengevaluasi, dan mengabungkan informasi dalam kegiatan belajar mengajar lebih praktis diterapakan melalui media digital. Literasi digital merupakan life skills yang tidak hanya melibatkan keahlian menggunakan perangkat teknologi informasi, dan komunikasi, tetapi juga kemampuan bersosialisasi, berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif sebagai kompetensi digital dari hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan literasi digital berperan penting dalam menunjang keberhasilan pembelajaran daring, dengan kemampuan literasi digital yang baik akan berupaya untuk mencari dan menyeleksi informasi yang penting dan memahami, mengkomunikasikan, dan menyampaikan gagasan-gasan dalam ruang digital prosedur penelitian dilakukan dengan cara menentukan pertanyaan penelitian, menentukan metode pengumpulan data dan teknik analisis data, mengolah data, dan membuat laporan.

References

Baysha, M. H., Studi, P., Pendidikan, T., Mandalika, P., & Barat, N. T. (2021).

IMPLEMENTASI DIGITAL TEKNOLOGI. 2(4), 198–202.

Bdm, M., & Riau, U. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. March. Dewita, N., & Riau, U. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran daring. October.

Icecrs, T., Nasional, S., Umsida, F., Profesional, M. G., Indonesia, G. E., & Doi, A. (2018). No Title. 1(3), 241–252. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1397

Industri, R., Muliani, A., Karimah, F. M., Liana, M. A., Pramudita, S. A. E., Riza, M. K., & Indramayu, A. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa. 1(2), 87–92.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Pratama, M. P., & Rini, S. Ervianti.(2022). ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER’S LANGUAGE STYLE IN. Indonesian Journal of Educational Technology, 1(02), 138-144.

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

Prabowo, H. A., Sandiar, L., Ati, A. P., Harie, S., Sartono, L. N., & Widiyarto, S. (2022). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(6), 1–5. https://doi.org/10.5281/zenodo.6420786

Rahmadi, I. F., Pamulang, U., Hayati, E., & Pamulang, U. (2020). Literasi Digital , Massive Open Online Courses , dan Kecakapan Belajar Abad 21 Mahasiswa Generasi Milenial BELAJAR ABAD 21 MAHASISWA GENERASI MILENIAL DIGITAL LITERACY , MASSIVE OPEN ONLINE COURSES , AND 21 st CENTURY. June.

https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2486

Sampelolo, R., Abdullah, M., Lura, H., & Karuru, P. (2023). Digital ESP (English For Specific Purposes) Material Development CLIL (Content language integrating learning) Based. Journal of Namibian Studies: History Politics Culture, 34, 6746-6762.

Downloads

Published

2023-11-12