Pemanfaatan Media Presentasi Berbasis Canva dalam Pembelajaran Website

Authors

  • Dina Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Herlina Batan Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Elthon Glorya Tandiayu Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Ervianti Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

media presentasi, canva, pembelajaran website

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenal dan memberikan manfaat media dalam pembelajaran terutama dalam penggunaan pada aplikasi canva. Canva adalah salah satu platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen, dan konten visualnya. Selain itu dengan media ini, proses pembelajaran dapat memberikan dampak terhadap hasil belajar siswa. Media presentasi ini dapat diakses melalui aplikasi canva maupun website canva dengan membuka laman https:www.canva.com. Media pembelajaran website membuat materi pembelajaran baik presentasi maupun dokumen bisa diakses kapan pun dan dimanapun, selain penggunaan internet masih terhubung dan melakukan komunikasi. Hasil akhir dari kegiatan ini peserta bisa mendesain dan bisa mengimplementasikan aplikasi canva dengan baik dan merancang pembelajaran dengan tepat dan menyenangkan, serta bisa mengurangi biaya- biaya operasional.

References

Canva. (n.d.). Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/

Canva. 2020. “Canva for Education - Free Graphic Design Tool for Schools.” Canva for Education. Diambil 8 Januari 2021 (https://www.canva.com/education/).

Hapsari, Gita Permata Puspita, dan Zulherman. 2021. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA.” PSEJ (Pancasakti Science Education Journal). Vol 6, No. 1: 22–29. doi: 10.24905/psej.v6i1.43.

High Tech Teacher Indonesia. 2021. “[Special Class #18 – Project Centered Course] : Membangun Kelas Kreatif Dan Kolaboratif Untuk Peserta Didik Digital Native Melalui Canva for Education.” Diambil 8 Januari 2022 (https://hightechteacher.id/special-class-18-project-centered coursemembangun- kelas-kreatif-dan-kolaboratif-untuk-peserta-didik-digital-nativemelalui-canva-for- education/).

Jelantik, A. . K. 2019. Dinamika Pendidikan Dan Era Revolusi Industri 4.0. In Dinamika Pendidikan Dan Era Revolusi Industri 4.0 (pp. 95–96). Deepublish.

Maolida, Elis Homsini, dan Vina Aini Salsabila. 2021. “Canva and Screencast-O-Matic Workshop for Classroom Purpose: A Community Service for Madrasah Ibtidaiyah Teachers.” AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1, No. 2: 54–60. doi: 10.35870/ajad.v1i2.13.

Maryunani, Maryunani. 2021. “MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI MELALUI APLIKASI CANVA UNTUK KELAS VI SDN KREMBANGAN SELATAN III

SURABAYA.” ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Vol 1, No. 4: 190–96. doi: 10.51878/elementary.v1i4.734.

Misbahudin, Dede, Chaerul Rochman, Dindin Nasrudin, and Isoh Solihati. 2018. “Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?” WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 3 (1): 43. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Pratama, M. P., & Rini, S. Ervianti.(2022). ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER’S LANGUAGE STYLE IN. Indonesian Journal of Educational Technology, 1(02), 138-144.

Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.

Rahmatullah, Rahmatullah, Inanna Inanna, and Andi Tenri Ampa. 2020. “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12 (2): 317–27.

Rahmawati, Farida, dan Idam Ragil Widianto Atmojo. 2021. “Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Basicedu. Vol 5, No. 6: 6271–79. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1717.

Scardina, Ciro. 2018. “Library Signage: Creating Aesthetics With Canva - ProQuest.” The School Librarian, 38.

Sony Junaedi. 2021. “Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For” 07: 80–89. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/3000/107647

Widyatnyana, K. N. 2021. “PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CANVA FOR

EDUCATION.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Vol 10, No. 2: 229–36. doi: 10.23887/jurnal_bahasa.v10i2.695.

Yundayani, Audi, Susilawati Susilawati, dan Chairunnisa Chairunnisa. 2019. “INVESTIGATING THE EFFECT OF CANVA ON STUDENTS WRITING

SKILLS.” English Review: Journal of English Education. Vol 7, No. 2: 169–76. doi: 10.25134/erjee.v7i2.1800.

Downloads

Published

2023-11-12