Strategi Pembelajaran Kolaborasi Untuk Peningkatan Hasil Belajar

Authors

  • Sepriyani Rantelimbong Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Herly Arny Malisan Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Enjelina Royaser Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Sofyan Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

staregi pembelajaran, pembelajaran kolaborasi, peningkatan hasil belajar

Abstract

Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu strategi pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana menerapkan strategi pembelajaran kolaborasi untuk peningkatan hasil belajar peserta didik. Adapun strategi pembelajaran kolaborasi dikalangan peserta didik sangat dibutuhkan dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran kolaborasi perlu digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik guna menghadapi era globalisasi yan penuh dengan tantangan. Dengan adanya strategi pembelajaran kolaborasi diharapkan dapat bermanfaat untuk diimplementasikan dalam pembelajaran yang dilaksanakan dan akan mempunyai dampak terhadap peningkatan semangat belajar, sehingga tentunya memiliki dampak pula pada hasil belajar peserta didik yang meningkat. Dengan adanya pembelajaran kolaborasi juga menciptakan kondisi yang mempengaruhi kehidupan warga belajar dalam kerjasama dan saling membantu satu sama lain, sehingga mereka termotivasi untuk belajar bersama dalam meraih hasil belajar yang memuaskan secara bersama-sama. Karena pada umumnya setiap orang yang belajar menginginkan untuk mendapatkan hasil belajar yang snagat memuaskan, tentu saja hal ini memerlukan keseriusan, ketekunan, serta usaha dan perjuangan sunguh-sunguh dalam mencapainya. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah strategi pembelajaran kolaborasi untuk peningkatan hasil belajar dapat meningkatkan kemampuan terhadap komunikasi efektif yang ditunjukkan dengan tercapainya klasikal dan indvidual pada peningkatan hasil belajar, dengan demikian dengan pembelajaran kolaborasi peserta didik akan semakin meningkatkan hasil belajar.

References

(Anitah 2013; Apriyono 2013; Harefa 2020; Husain 2020; Indrawan et al. 2021; Nasution 2017; Ning, Kumalaretna, and Harapan 2017; Prof. Dr. H Punaji Setyosari 2019; Somayana 2020; Suhesty et al. 2020; Suryani 2016; Universitas et al. 2013; Yusuf and Asrifan 2020; Zagoto 2022)Anitah, Sri. 2013. “Strategi Pembelajaran Ekonomi Dan Koperasi.” Strategi Pembelajaran 2(2):120.

Apriyono, Joko. 2013. “Collaborative Learning: A Foundation for Building Togetherness and Skills.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 17(1):292–304.

Harefa, Darmawan. 2020. “Kooperatif Make a Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan.” Peningkatan Hasil Belajar 8(1):1–18.

Husain, Rusmin. 2020. “Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri … (2012):12–21.

Indrawan, Febrianto Yopi, Edi Irawan, Titah Sayekti, and Izza Aliyatul Muna. 2021. “Efektivitas Metode Pembelajaran Jigsaw Daring Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP.” Jurnal Tadris IPA Indonesia 1(3):259–68. doi: 10.21154/jtii.v1i3.179.

Nasution, Wahyudin Nur. 2017. STRATEGI PEMBELAJARAN. Medan: Perdana Publishing.

Ning, Wahyu, Dewi Kumalaretna, and S. M. K. Tunas Harapan. 2017. “Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Karakter Kolaborasi Dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl).” Unnes Journal of Mathematics Education Research 6(2):195–205.

Prof. Dr. H Punaji Setyosari, M. P. 2019. “Pembelajaran Kolaborasi Landasan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial, Rasa Saling Menghargai Dan Tanggung Jawab - Prof. Dr. Punaji Setyosari 2009.Pdf.”

Somayana, Wayan. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode PAKEM.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(3):350–61. doi: 10.36418/japendi.v1i3.33.

Suhesty, Aulia, Miranti Rasyid, Rini Fitriani Permatasari, and Yolanda Sonia Cindy Putri. 2020. “Kolaborasi Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era New Normal.” PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat) 2(2):90. doi: 10.30872/plakat.v2i2.4967.

Suryani, Nunuk. 2016. “Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Siswa.” Jurnal Harmoni IPS 1(2):1–23.

Universitas, Fkip, Pgri Yogyakarta, Abstrak Penelitian, S. M. P. Bhakti, Kedungtuban Blora, and S. M. P. Bhakti Kedungtuban. 2013. “Penerapaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan.” Jurnal Kependidikan (Hp 085225998365):134–43.

Yusuf, Irwan, and Andi Asrifan. 2020. “PENINGKATAN AKTIVITAS KOLABORASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENDEKATAN STEM DENGAN PURWARUPA PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 5 YOGYAKARTA (Improving Collaboration of Physics Learning Activities through the STEM Approach).” Uniqbu Journal of Exact Sciences (UJES) 1(3):32–48.

Zagoto, Maria Magdalena. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi 1 Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1(1):1–7. doi: 10.56248/educativo.v1i1.1.

Downloads

Published

2023-11-12