Pelaksanaan Perkuliahan dengan Metode Game Berbasis Wordwall Web untuk Peningkatan Motivasi Mahasiswa Kelas C1 Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja

Authors

  • Sofyan Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

wordwall web, motivasi belajar, pembelajaran berbasis game

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perkuliahan dengan metode game berbasis wordwall web untuk peningkatan motivasi belajar mahasiswa Kelas C1 Prodi Teknologi Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua pihak yang terkait pelaksanaan perkuliahan dengan metode game berbasis wordwall web untuk peningkatan motivasi belajar mahasiswa Kelas C1 Prodi Teknologi Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja dan para penerima dampak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan perkuliahan dengan metode game berbasis wordwall web berlangsung sangat baik. Hasilnya, berdampak positif terhadap keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan. Secara umum mahasiswa mengakui jika penggunaan metode game dalam perkuliahan membuat mereka untuk terlibat secara aktif dalam perkuliahan. Metode game membuat mahasiswa menjadi lebih nyaman dan membuat pengalaman serta pemaknaan belajar mahasiswa menjadi lebih kuat. Secara motivasi, mahasiswa juga mengaku mengalami peningkatan yang signifikan. Alasannya, penggunaan metode game lebih menarik dan lebih kekinian dan lebih khusus mahasiswa yang memang mengaku jika dirinya sebagai gamers yang aktif.

References

Hermita, N. (2021). Inovasi pembelajaran abad 21. Global Aksara Pres. https://www.google.co.id/books/edition/INOVASI_PEMBELAJARAN_ABAD_21/INUxEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304

Miarso, Y. (2016). Menyemai benih teknologi pendidikan. Prenadamedia Group. https://www.google.co.id/books/edition/Menyemai_Benih_Teknologi_Pendidikan/rhVNDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=media+pembelajaran+miarso&printsec=frontcover

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. In Cakra B (Vol. 1, Issue 1).

Olisna, O., Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2737

Shofiya Launin, Wahyu Nugroho, & Angga Setiawan. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS?: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.176

Sofyan. (2021). Pelaksanaan pendidikan alternatif pada kelompok komunitas di Kota Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Downloads

Published

2023-11-12