Implementasi Media Video Berbasis Canva Pada Mata Kuliah Desain Pesan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Uki Toraja
Keywords:
implementasi, media canva, aplikasi berbasis canvaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk pengimplementasian media video berbasis aplikasi canva pada mata kuliah desain pesan mahasiswa prodi Teknologi Pendidik Universitas Kristen Indonesia Toraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menafsirkan dan menguraikan data yang di peroleh sesuai keadaan yang terjadi di lapangan. Pendekatan ini mengasumsikan secara filosopis yang berbeda, strategi penelitian, dan metode pengumpulan data, analisis dan interpretasi. Dengan memanfaatkan canva para mahasiswa dapat terbantu dalam melihat objek yang dipelajari secara langsung dan menumbuhkan ketertarikan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran. terutama pada materi yang bersifat sangat abstrak dan tidak dapat disaksikan oleh peserta didik dalam kehidupan mereka sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan efektivitas penggunaan apliksi canva dalam pembuatan media pembelajaran untuk mata kuliah desain pesan dan untuk memberikan pelatihan kepada dosen dalam membuat media menggunakan aplikasi canva sehingga akan meningkatkan pemahaman, kreativitas, keterampilan dosen dalam mengoperasikan aplikasi canva ini dan memberi pelajaran yang positif mengenai suatu aplikasi yang sudah banyak disediakan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pembelajaran.
References
Alwi. (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan Sekolah Dasar Negeri 2 GU. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 7(2), 180–189. https://hukum.unidayan.ac.id/index.php/JFKIP/article/download/84/58
Dian Aulia Inzani, Sri Ashrini AR, Nur Halisa, Latifah Asmil Fauzi, M. R., & Muh.Syukur, Muhammad Sofyan, F. N. (2021). Webinar Pelatihan Media Pembelajaran. Journal Lepa-Lepa, 1, 143–151. https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/16867%0D
Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, AP, N., & K. (2020). (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend
Falahudin, I. (2014). pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4).
Fitria, V. A., Habibi, A. R., Hakim, L., & Islamiyah, M. (2018). Using Canva to Support Online Learning Media for Students at Mahardika Karangploso Vocational School in Malang during the Pandemic Pemanfaatan Canva untuk Mendukung Media Pembelajaran Online Siswa Siswi SMK Mahardika Karangploso Malang di Masa Pandemi. 75–82. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/Mujtama/article/view/5050/3465
Gafur, A. (2012). Desain pembelajaran: Konsep, model, dan aplikasinya dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020 Pemanfaatan, 8(2), 79–96. https://doi.org/10.32493/Sasindo.V8i2.79-96%0D
Hapsari, G. P. P., & Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasidan Prestasi Belajar Siswa. Volume 5 no 4.
Leryan, L. P. A., Damringtyas, C. P., Hutomo, M. P., & Printina, B. I. (2018). the Use of Canva Application As an Innovative Presentation Media Learning History. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018, 190–203. https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.20
Nurita T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Misykat, 3(1).
Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., &, & Dangnga, T. (2018). “Peran Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar.” Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5–7.
Salam, M. Y., & Mudinillah, A. (2021). Canva Application Development For Distance Learning On Arabic Language Learning In Mts Thawalib Tanjung Limau Tanah Datar. 23(2), 101–111. https://doi.org/10.21009/Jtp.V23i2.20650%0D
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019a). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019b). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Rahma Elvira Tanjung 1) , Delsina Faiza 2) 1. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.
Triningsih, diah erna. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.Selama
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. J. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344%0D
Winarni, S., K. et al. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa Pendidikan Matematika.