Peran Teknologi Pendidikan Dalam Perspektif Merdeka Belajar Di Era 4.0 Di Kampus Merdeka

Authors

  • Silva Arruan Mettang ,Ande Rombe Datu ,Olivia La’bi Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Era 4.0,Merdeka Belajar,Teknologi Pendidikan

Abstract

PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN UKI TORAJA 2021

Peran Teknologi Pendidikan Dalam Perspektif Merdeka Belajar Di Era

4.0 Di Kampus Merdeka

Silva Arruan Mettang
1
,Ande Rombe Datu
2
,Olivia La’bi
3

1
Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja
2
Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja
3
Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran teknologi pendidikan dalam perspektif
merdeka belajar di kampus merdeka pada era 4.0. Implementasi penelitian ini tentang
bagaimana dosen atau guru memahami konsep merdeka belajar di kampus merdeka dalam
menerapkan teknologi pendidikan sebagai dasar pembelajaran di era 4.0. Program ini
dirancang
untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa dalam menyusul
pencapaian Indonesia
dengan berpikir kritis, kreatif,komunikasi dan kolaborasi di bawah
standar dalam penilaian
pendidikan global, PISA. Metode penelitian menggunakan teknik
analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan.Namun dalam penelitian ini yang lebih berperan di
dalamnya adalah Dosen,dosen yang
akan membimbing siswa untuk mencapai hasil maksimal.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa
teknologi pendidikan sangat berperan dalam program
merdeka belajar di kampus merdeka di era 4.0 dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kampus
merdeka pada saat ini. Kondisi ini dapat dilihat dari implementasi kebijakan pokok merdeka
belajar yang memberikan kebebasan berinovasi dan
kebebasan belajar secara mandiri pada
kampus merdeka belajar, guru,dosen dan peserta didik.
Revolusi industri 4.0 secara tidak
langsung mengubah paradigma pendidikan di era Abad 21 (Sari et al 2020). Bergesernya
pembelajaran Abad 21 disaat ini tidak cuma semata-mata pada konsep metode mengajar, namun
jauh yang lebih esensial adalah cara pandang terhadap konsep pembelajaran itu
sendiri. Peran
teknologi pendidikan dalam perspektif merdeka belajar di kampus merdeka di era 4.0
mengimplementasikan penelitian ini tentang bagaimana memahami apa itu merdeka
belajar dalam kampus merdeka dan menerapkan teknologi pendidikan sebagai
dasar dari pembelajaran di era 4.0. merdeka belajar juga memberikan
kebebasan berpikir kepada kampus merdeka belajar,dosen dan siswa untuk bebas
berinovasi dan makin kreatif.

Downloads

Published

2022-06-10