Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Terhadap persektif Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Keywords:
Merdeka Belajar, Teknologi Pendidikan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pemanfaatan teknologi pendidikan dalam
perspektif merdeka belajar. Implementasi penelitian ini tentang bagaimana guru memahami
konsep merdeka belajar dalam menerapkan teknologi pendidikan sebagai dasar pembelajaran.
Program ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa menyusul
pencapaian Indonesia di bawah standar dalam penilaian pendidikan global, PISA. Metode
penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan. Hasil penelitian
menjelaskan bahwa teknologi pendidikan sangat berperan dalam program merdeka belajar
dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kondisi ini dapat dilihat dari implementasi
kebijakan pokok merdeka belajar yang memberikan kebebasan berinovasi dan kebebasan
belajar secara mandiri pada sekolah, guru, dan peserta didik.