PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF MERDEKA

Authors

  • Krisnayanti Banne Patibong, Herly Arni’ Malisan, Mesliani Limbong Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Era 4.0, merdeka belajar, teknologi pendidikan.

Abstract

PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN UKI TORAJA 2021


PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN SALAM PERSPEKTIF MERDEKA
BELAJAR DI ERA 4.0
Krisnayanti Banne Patibong, Herly Arni’ Malisan, Mesliani Limbong
Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja
Email: banne@gmail.com



ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran teknologi pendidikan dalam perspektif merdeka
belajar di era 4.0. Implementasi penelitian ini tentang bagaimana guru memahami konsep merdeka
belajar dalam menerapkan teknologi pendidikan sebagai dasar pembelajaran di era 4.0. program ini
di rancang untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa menyusul pencapaian
Indonesia dibawa standar dalam penilaian pendidikan global, PISA. Metode penelitian menggunakan
teknik analisi diskriktif dengan kajian kepustakaan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa teknologi
pendidikan sangat berperan dalam program merdeka belajar di era 4.0 dalam meningkatkan kualitas
pendidikan. Kondisi ini dapat di lihat dari implementasi kebijakan pokok merdeka belajar yang
memberikan kebebasan berinovasi dan kebebasan belajar secara mandiri pada sekolah, guru, dan
peserta didik.

Downloads

Published

2022-06-10