Dampak Kebijakan Teknologi Pendidikan Dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka di PTS

Authors

  • Henry Massago ,Herlina Batan , Enjelina Royaser Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

kebijakan,Teknologi Pendidikan merdeka belajar kampus merdeka (MBKN), perguruan tinggi swasta.

Abstract

PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN UKI TORAJA 2021

Dampak Kebijakan Teknologi Pendidikan Dalam Merdeka Belajar
Kampus Merdeka di PTS

Henry Massago
1
,Herlina Batan
2
, Enjelina Royaser
3

Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja
1
,
Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Kriaten Indonesia Toraja
2
,
Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja
3

Email: henrymassago13@gmail. com
1
, herlinabatantappo@gmail.com
2
, enjelinaroyaser36@gmail.com
3




ABSTRAK
Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah program pembelajaran pendidikan tinggi yang mandiri
dan serba guna yang dirancang untuk menciptakan komunitas pembelajaran kreatif yang tidak
membatasi yang memenuhi kebutuhan mahasiswa penilitian ini bertujuan untuk melihat dampak dan
persepsi penerapan kampus merdeka merdeka belajar ( MBKN) kepada mahasiswa di perguruan
tinggi swasta dengan tujuan untuk melihat sejauh mana pemahaman dan presepsi mahasiswa dan
dampak dari penerapan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKN) yang ada di perguruan
tinggi. kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka sesuai dengan permendikbud nomor 3 tahun 2020
tentang stadar nasional pendidikan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dampak dan
presepsi mengenai kebijakan dalam merdeka belajar- kampus merdeka kepada seluruh mahasiswa di
perguruan tiggi swasta dengan tujuan untuk melihat sejauh mana pemahaman dan presepsi
mahasiswa dan dampak dari penerapan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKN) yang
ada di perguruan tiggi. Terlibatnya mahasiswa daklam kegiatan-kegiatan tersebut dapat memberikan
pengalaman belajar (experiencee learning) sebagai bekal menghadapi hidup dan kehidupan dimasa
depan. Untuk mewujudkan pengalaman belajar tersebut perguruan tiggi harus membagun kerja sama
dengan dunia usaha/industri dan pemerintah. Kerjasama di dasari dalam kerangka meningkatkan
pevesionalitas academik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif dengan metode survei. Data diperoleh dari populasi yakni 96 responden yang merupakan
Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendididkan Universitas Kristen Indonesia Toraja data di
kumpulkan melalui kuesioner. Teknik analisis data di mulai dari pengumpulan data kemudian di
analisis mengunakan anlisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa pada
program studi Teknologi Pendidikan Fakulat Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas
Kristen Indonesia Toraja memberikan respon yanga positip terhadap program merdeka belajar
kampus merdeka ( MBKN).

Downloads

Published

2022-06-10